by

Warga Binaan Lapas Takalar Mendapat Pelatihan Kemandirian

FAJARKORAN.CO.ID, TAKALAR –- Kepala Divisi Pemasyarakat Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Edi Kurniadi, membuka pelatihan kemandirian warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Takalar, Senin, 1 Maret 2021.

Kesempatan ini, Edi berharap warga binaan mengikuti kegiatan ini dapat membagi ilmu yang diperoleh kepada warga binaan lain, mengingat jumlah warga binaan yang ikut dalam pelatihan ini terbatas.

“Pelatihan ini dapat menjadi motivasi bagi warga binaan sehingga mereka mampu menghasilkan produk kerajinan yang bisa bersaing dan berdaya guna. Diharapkan agar Lapas Takalar bisa menyediakan galeri yang menampilkan setiap produk-produk hasil kerja warga binaan yang nantinya diharapkan mampu menarik minat masyarakat umum,” terang Edi.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Takalar, Mansur mengatakan, warga binaan yang ikut dalam kegiatan ini agar benar-benar serius belajar dan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. “Keterampilan ini sebagai bekal kepada warga binaan saat bebas sehingga mampu kembali ke masyarakat sebagai manusia yang terampil dan mandiri,” ungkapnya.

Disebutkan Mansur, ada empat jenis pelatihan untuk gelombang pertama yang diikuti warga binaan yakni; Menjahit, Las, Mekanik, dan Barbershop, yang diikuti 80 warga binaan.

Kegiatan yang dihadiri Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Takalar, Basri, selaku mitra kerja dalam program ini, untuk gelombang selanjutnya akan dirancang lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan wargabinaan nantinya, yang digelar bulan Maret hingga April. (lis/fajar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed