by

Mengenalkan Prodi PWK dan Arsitektur Lewat Red Campus Talk

koran.fajar.co.id, MAKASSAR — Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan program bertajuk Red Campus Talk edisi #5 dengan tema “Cari Tahu Tata Wilayah Bergaya Artistik Keren: Seputar Prodi Ilmu Perencanaan Wilayah dan Kota dan Prodi Arsitektur”. Program ini berlangsung pukul 16.00 Wita secara live melalui akun instagram @hasanuddin_univ, Jumat (5/3/2021).

Hadir sebagai narasumber, yakni Dr. Eng. Ir. Abdul Rachman Rasyid, ST., M.Si (Ketua Prodi Ilmu Perencanaan Wilayah dan Kota) dan Dr. Ir. H. Edward Syarif, ST., MT (Ketua Prodi Arsitektur).

Dalam kesempatan, Rachman menjelaskan, prodi PWK sudah berdiri sejak tahun 2003. Awalnya bergabung bersama Prodi Arsitektur. Namun, sejak tahun 2016 berdiri sendiri menjadi satu prodi di Fakultas Teknik Unhas.

Dari sisi sumber daya, PWK memiliki 16 tenaga pengajar yang terdiri dari professor maupun doktor lulusan dalam dan luar negeri. Dalam mendukung layanan akademik, PWK menghadirkan fasilitas lengkap seperti laboratorium dan bengkel. Prodi ini juga terakredisi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

“Cakupan PWK lebih luas dimana dalam prodi ini kita belajar bagaimana penempatan tata ruang seperti pemukiman, sarana fasilitas dalam satu wilayah atau kota. Misalnya, perencanaan wilayah kota yang bagus salah satunya bisa diliat dari transportasinya,” jelas Rachman.

Kepala Prodi Arsitektur Unhas, Edward juga menjelaskan terkait prodi yang dipimpinnya. Beliau menjelaskan Prodi Arsitektur berfokus dalam merancang bangunan. Prodi ini didukung oleh sarana dan prasarana pengembangan keilmuan yang cukup lengkap. Prodi ini telah terakreditasi A secara nasional oleh BAN PT dan mendapatkan pengakuan internasional AUN-QA, dan memiliki kelas internasional.

“Prospek karier alumni arsitektur sangan luas dan dibutuhkan dalam segala bidang. Selama ada bangunan, maka profesi arsitek menjadi penting. Tidak lama lagi kita juga akan membuka pendidikan profesi arsitektur dan semoga ini bisa terwujud dengan segera,” ungkap Edward.

Red Campus Talk merupakan upaya memperkenalkan seluk-beluk program studi pada jenjang strata satu yang ada di Unhas. Saat ini, Unhas memiliki 67 program studi strata satu, dan 2 program studi vokasi atau sarjana terapan. Program ini hadir dalam rangka membantu calon mahasiswa memutuskan pilihan program studi, kegiatan menampilkan paparan singkat yang dikemas secara populer dan kasual, namun informatif.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed