by

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Serahkan 27 Sertifikat Merek Kepada Pelaku Usaha

koran.fajar.co.id, MAKASSAR  — Sebanyak 27 Sertifikat Merek diserahkan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto kepada pelaku usaha.

Penyerahan  secara simbolis diberikan kepada Kabid UKM Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulsel, Zaenuddin pada pembukaan  Workshop dan Diseminasi Layanan Kekayan Intelektual Paten di Hotel Gammara Makassar, Selasa (9/3/2021).

Kakanwil Harun, mengapresiasi kontribusi masyarakat Sulawesi Selatan dalam mendaftarkan mereknya sehingga dapat diterbitkan 27 Sertifikat Merek. “Pentingnya pendaftaran merek dapat memberikan perlindungan hukum dan memberika nilai ekonomi,” ungkapnya.

Menurutnya, di tahun 2020 lalu telah diserahkan juga 41 Merek oleh Direktur Merek dan Indikasi Geografis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. PNBP Merek Kanwil Kemenkumham Sulsel di tengah pandemi Covid-19 tahun 2020 meningkat hingga mencapai 1.6 Miliar

“Untuk itu, Kanwil Kemenkumham Sulsel terus menjalin kerja sama dengan berbagai instansi agar meningkatnya kesadaran untuk daftrakan Kekayaan Intelektualnya , baik merek, hak cipta, desain industri, maupun paten,” terang Harun.

Sementara itu, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Anggoro Dasananto mengatakan, penyerahan sertifikat ini merupakan implementasi dari kerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel sejak 2019 lalu.

“Ada 2 item yang diserahkan pada kegiatan ini yakni sertifikat merek dengan pendaftaran Tahun 2018-2019 sebanyak 27 berkas dan penyerahan tanda bukti pendaftaran merek sebanyak 50 berkas. Ke depan kami juga akan serahkan secara bertahap di masing-masing daerah Sulsel,” jelas Anggoro.

Sedangkan Kabid Yankum, Mohammad Yani mengatakan, 27 Sertifikat Merek tersebut kebanyakan merupakan merek dagang makanan dan minuman. (rls/fajar)

News Feed