by

KKN-E Unifa Desa Padangloang Pinrang Buat Lomba Bertema Religi

koran.fajar.co.id, MAKASSAR  — Kuliah Kerja Nyata Entrpreneur (KKN-E) Pulang Kampung Mahasiswa Universitas Fajar, dimanfaatkan dengan membuat program lomba di lokasi KKN mereka.

Mereka menggaet santri Taman Pendidikan Alquran (TPA), dengan membuat lomba bertemakan religi. Lomba ini terdiri dari lomba adzan, lomba menghafal surah-surah pendek, dan lomba praktik salat, berlangsung di TPA Al-Hidayah Padangloang, Rabu-Kamis (9-10/3/2021).

Mahasiswa KKN-E Unifa Jurusan Hubungan Internasional, Citra Yunita mengatakan, kegiatan lomba bertujuan memberikan kesempatan kepada santri usia dini. Mereka di ajak mengasah kemampuan dalam hal keagamaan.

Tak hanya itu, para santri juga diajarkan bagaimana menjaga solidaritas dan meningkatkan semangat religius di antara sesama. Selain itu, juga melatih kepercayaan diri mereka sejak dini.

“Selama lomba, kami selaku panitia KKN tetap mengikuti protokol keseatan, menyediakan masker bagi peserta, maupun orang tua yang datang menyaksikan anaknya berlomba,” ungkap Citra Yunita.

Acara lomba tersebut dihadiri perwakilan Kantor Desa Padangloang, Ketua BPD Padangloang, dan orang tua anak-anak yang mengikuti lomba tersebut.

Dosen sekaligus Supervisor KKN-e Pulang Kampung Unifa, Muliana mengungkapkan, pelaksanaan KKN-E pulang kampung, merupakan bagian dari tridharma perguruan tinggi. KKN ini yang menerjunkan langsung mahasiswa untuk  mengabdi di masyarakat.

“Kondisi pandemi covid-19, sehingga satu cara yakni menjalankan program KKN tetapi masih mengharuskan mahasiswa melaksanakan di kampung masing-masing,” jelas Muliana.

Program kerja yang dilaksanakan, lanjut Muliana, selain sosialisasi terkait penerapan protokol kesehatan di lingkungan masyarakat, juga kegiatan-kegiatan keagamaan. Pengenalan kegiatan keagamaan bagi generasi muda merupakan penguatan spiritual yang harus dilakukan sejak dini .

” Ini merupakan pondasi agar mereka kelak tumbuh menjadi generasi yang tidak hanya cerdas tetapi juga berakhlak mulia,” pungkas Muliana. (wis/fajar)

News Feed