oleh

Lebih Dekat dengan Prodi Ilmu Komunikasi dan Administrasi Negara

koran.fajar.co.id, MAKASSAR  — Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan program bertajuk Red Campus Talk edisi keenam bertema “Keteraturan Administrasi di Era Komunikasi Digital Kreatif: Seputar Prodi Ilmu Komunikasi dan Prodi Administrasi Negara”.

Program ini berlangsung secara live melalui akun instagram @hasanuddin_univ, Senin (8/3.2021) lalu, dengan narasumber, Dr. M. Iqbal Sultan, M.Si (Ketua Prodi Ilmu Komunikasi) dan Dr. Muh. Tang Abdullah, S.Sos., M.Si., (Ketua Prodi Administrasi Negara).  Kedua prodi ini berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).

Dalam kesempatan tersebut, Iqbal menjelaskan bahwa Prodi Ilmu Komunikasi yang saat ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT dan mendapatkan pengakuan internasional AUN-QA. Sehingga, prodi ini secara terus-menerus melakukan pembenahan dalam rangka menghasilkan lulusan profesional dan berdaya saing.

Dari sisi sumber daya maupun fasilitas penunjang akademik, Iqbal menjelaskan bahwa Ilmu Komunikasi memiliki tenaga pengajar yang terdiri dari professor maupun doktor lulusan dalam dan luar negeri. Juga tersedia laboratorium terpadu yang terdiri dari Lab Penyiaran TV, Radio, Fotografi dan Laboratoriun Online Merahnews yang mendukung pengembangkan kemampuan dan wawasan mahasiswa.

“Ilmu Komunikasi Unhas memiliki tiga konsentrasi, yakni Jurnalistik, Public Relations atau Humas, dan Brodcasting. Kecenderungan mahasiswa setelah lulus itu berdasarkan hasil tracer study kebanyakan membuka lapangan kerja atau bekerja pada bidang yang bersifat dinamis seperti event organizer,” jelas Iqbal.

Sementara Ketua Prodi Administrasi Negara, Tang Abdullah juga menjelaskan terkait prodi yang dipimpinnya. Beliau menuturkan prodi ini telah terakreditasi A secara nasional oleh BAN PT, dan telah melakukan proses visitasi internasional AUN-QA yang saat ini sedang menunggu hasil assesmen.

Tang Abdullah menambahkan prodi Administrasi memiliki 26 dosen yang terdiri dari professor maupun doktor. Selain itu, juga ditunjang dengan fasilitas pendukung seperti ruang komputer berbasis internet hingga ruang baca.

Red Campus Talk merupakan upaya memperkenalkan seluk-beluk program studi pada jenjang strata satu yang ada di Unhas. Saat ini, Unhas memiliki 67 program studi strata satu, dan 2 program studi vokasi atau sarjana terapan. Program ini hadir dalam rangka membantu calon mahasiswa memutuskan pilihan program studi, kegiatan menampilkan paparan singkat yang dikemas secara populer dan kasual, namun informatif.

Komentar

News Feed