by

Mengenalkan Prodi Pemanfaan Sumberdaya dan Budidaya Perairan Lewat Red Campus Talk

koran.fajar.co.id, MAKASSAR  — Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan program bertajuk Red Campus Talk edisi ketujuh dengan tema “Kenapa Yah Indonesia Jadi Negara Maritim?

Seputar Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perairan dan Prodi Budidaya Perairan”. Program ini berlangsung pukul 16.00 Wita secara live melalui akun instagram @hasanuddin_univ, Selasa (9/3/2021).

Hadir sebagai narasumber, Mukti Zainuddin, S.Pi., M.Sc., Ph.D., (Ketua Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perairan) dan Dr. Ir. Siti Aslamyah, M.P (Dosen Prodi Budidaya Perairan). Kedua prodi ini berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan.

Dalam kesempatan tersebut, Aslamyah menjelaskan bahwa Prodi Budidaya Perairan saat ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT dan mendapatkan pengakuan internasional ASIIN, serta menjadi prodi pertama dan satu-satunya terakreditasi unggul di Unhas. Prodi ini terus melakukan pembenahan untuk mendukung visi kemaritiman Unhas dan menghasilkan lulusan profesional.

Dari sisi sumber daya maupun fasilitas penunjang akademik, Aslamyah menambahkan prodi budidaya perairan memiliki tenaga pengajar profesional serta ditunjang dengan fasilitas seperti ruang kuliah, IT, serta laboratorium praktikum untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan wawasan mahasiswa.

“Kita juga terus meningkatkan jalinan kerja sama dengan banyak mitra baik lembaga pendidikan maupun instansi pemerintahan. Hal ini dilakukan sebagai upaya memperluas peluang mahasiswa mengembangkan potensi mereka melalui proses magang,” jelas Aslamyah.

Sementara itu, Ketua Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perairan, Mukti juga menjelaskan terkait prodi yang dipimpinnya. Beliau menuturkan prodi ini telah terakreditasi A secara nasional oleh BAN PT dan telah mempersiapkan proses visitasi internasional ASIIN.

Lebih lanjut, Mukti menambahkan prodi ini ditunjang oleh staf kependidikan yang kompeten, serta memiliki berbagai fasilitas akademik seperti software lisensi resmi dari ESRI. Tidak hanya itu, prodi ini terus mengoptimalkan kerja sama baik nasional maupun internasional.

“Kita merupakan prodi terbaik bidang kajian pemanfaatan sumber daya karena didukung oleh berbagai fasilitas penunjang dengan pembejaran berbasis teknologi,” jelas Mukti.

Red Campus Talk merupakan upaya memperkenalkan seluk-beluk program studi pada jenjang strata satu yang ada di Unhas. Saat ini, Unhas memiliki 67 program studi strata satu, dan 2 program studi vokasi atau sarjana terapan. Program ini hadir dalam rangka membantu calon mahasiswa memutuskan pilihan program studi, kegiatan menampilkan paparan singkat yang dikemas secara populer dan kasual, namun informatif.

News Feed