by

Unhas Raih Penghargaan BNPB Sebagai Kampus Penanggulangan Bencana

koran.fajar.co.id, MAKASSAR  — Universitas Hasanuddin menerima Penghargaan Bidang Penanggulangan Bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Tim Relawan Pramuka Peduli UKM Pramuka UNHAS melakukan penyelematan Korban Banjir diperumahan Grand Rahmania Kodam 3 Paccerakkang.

Penganugerahan ini diberikan sebagai rangkaian Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) BNPB Tahun 2021 pada Rabu (10/3), yang berlangsung secara luring di Graha BNPB Jakarta, dan secara daring melalui kanal YouTube BNPB.

Enam Perguruan Tinggi mendapat penghargaan penanganan bencana.

Rapat Koordinasi Nasional BNPB 2021 dirangkaikan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-13 BNPB dan evaluasi 1 tahun penanganan pandemi Covid-19.

Penghargaan Bidang Penanggulangan Bencana diberikan kepada institusi, organisasi sosial, dan individu yang dinilai memiliki kontribusi besar dalam upaya penanggulangan bencana di Indonesia.  Terdapat lima kategori penghargaan yang mewakili unsur pentahelix, yaitu pemerintah daerah, lembaga usaha, lembaga dan perseorangan, perguruan tinggi, dan media.

Untuk kategori Perguruan Tinggi, penghargaan diberikan kepada enam kampus, yaitu:

1. Universitas Indonesia

2. Institut Pertanian Bogor

3. Universitas Hasanuddin

4. Universitas Mataram

5. Universitas Gadjah Mada

6. Universitas Tadulako

Penghargaan ini diberikan atas keterlibatan aktif, konsistensi, dan inovasi dalam penanggulangan bencana.

Dalam sambutannya pada acara penutupan Rakernas, Kepala BNPB Doni Monardo menyebutkan bahwa visi utama penanggulangan bencana sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo adalah pencegahan.  Untuk itu, peranan kolaborasi berbagai pihak memainkan peranan penting.

“Melalui pentahelix serta membangun mental tangguh bencana, kita berharap bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang tanggap, tangguh, dan trengginas menghadapi bencana,” kata Doni.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, menyambut hangat apresiasi yang dianugerahkan BNPB.  Hal ini merupakan indikasi bahwa Unhas telah berada pada jalur kemanusiaan dalam mengimplementasikan tridharma perguruan tinggi sebagai mandat utama.

Sebagai perguruan tinggi yang mengusung jati diri humaniversity, Unhas terlibat dalam kegiatan kemanusiaan secara aktif, konsisten, dan inovatif. Elemen-elemen Unhas, baik sivitas akademika maupun alumni, aktif membantu setiap ada bencana.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed