by

51 Warga Binaan Pemasyarakatan di Sulel Diusulkan Remisi Nyepi 2021

koran.fajar.co.id, MAKASSAR  — Sebanyak 51 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari sejumlah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Sulsel,  diusulkan  mendapatkan remisi Nyepi Tahun 2021.

Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkum-HAM) Sulsel, Edi Kurniadi, dalam keterangannya, Sabtu (13/3/2021) mengatakan, ke-51 WBP tersebut merupakan usulan dari 11 Lapas/Rutan se Sulawesi selatan. 

Mereka itu (para nara pidana), saat ini menghuni, Lapas Makassar, Lapas Parepare, Lapas Narkotika, Lapas Perempuan, Rutan Barru, Rutan Makale, Rutan Masamba, Rutan Pinrang, Rutan Sengkang, Rutan Sidrap, dan Rutan Watansoppeng.

“Para napi itu, mendapatkan remisi, di antaranya 11 orang dengan remisi 15 hari, 33 orang dengan remisi 1 bulan, dan 7 orang mendapat remisi satu setengah bulan,” terang Edi.

Edi mengungkapkan, dari semua Lapas dan Rutan di Sulsel, terdapat 10.144 warga binaan, terdiri atas 8.059 nara pidana dan 2.085 tahanan.

“Perlu disampaikan, WBP yang berhak mendapatkan remisi telah memenuhi syarat administratif seperti telah menjalani hukuman selama 6 bulan dihitung dari tanggal penahanan sampai Hari Raya Nyepi 2021 ini, berkelakuan baik, serta aktif mengikuti program pembinaan di dalam lapas dan rutan,” ungkap Edi.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkum-HAM Sulsel, Harun Sulianto menegaskan,  pemberian remisi ini diharapkan agar warga binaan bersemangat untuk mengikuti pembinaan.

“Jadi, mereka harus  berkelakuan baik selama menjalani masa pidana dan mampu menyadari kesalahannya dengan memperbaiki diri dan tidak mengulangi kesalahan selama dan  setelah menjalani pidana,” pungkas Harun Sulianto. (rls/fajar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed