by

SDGs Center Unhas Gelar Sosialisasi Peran Mahasiswa Optimalkan Pembangunan Berkelanjutan

koran.fajar.co.id, MAKASSAR –- Sustainable Development Goals (SDGs) Center Universitas Hasanuddin menyelenggarakan sosialisasi peran mahasiswa dalam memperkuat tujuan pembagunan berkelanjutan. Hal ini merupakan bentuk penegasan komitmen dalam mengawal implementasi SDGs di Indonesia. Kegiatan sosialisasi berlangsung pada Jumat (12/3/2021) secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Staf Sekretariat SDGs Center Unhas, Muhammad Ulil Ahsan pada Senin (15/3/2021) menjelaskan, sosialisasi ini menghadirkan perwakilan organisasi mahasiswa seperti BEM (Universitas dan Fakultas), Pengurus Himpunan Mahasiswa tingkat Departemen, dan Unit Kegiatan Mahasiswa lingkup Unhas. Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman serta terdorong untuk terlibat dalam upaya pencapaian target SDGs tahun 2030.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan sambutan Ketua SDGs Center Unhas, Dr. Muhammad Yusri Zamhuri. Dia memaparkan sejarah, prinsip dan peran SDGs dalam mendorong pembangunan berkelanjutan, serta upaya-upaya implementasinya khususnya di Kawasan Timur Indonesia.

Yusri menampilkan contoh, peran SDGs Center dalam mendampingi penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) SDGs di beberapa provinsi di Indonesia Timur. Beliau mendorong mahasiswa untuk menjadi bagian dari aksi tersebut. Mahasiswa dapat belajar, berdiskusi dan mengembangkan keilmuan dengan para tim ahli dan pengurus yang terlibat dalam SDGs Center Unhas.

Kegiatan ini juga menggelar sharing session dengan menghadirkan Efendi Darming (Mawapres Utama Unhas 2020, Alumni Fakultas Hukum) dan Samintang (Duta SDGs Unhas, Mahasiswi FEB). Keduanya membagikan pengalaman dan kontribusinya terkait SDGs.

Pada kegiatan ini, mahasiswa juga memberikan saran dan masukan, terutama terkait implementasi SDGs di Unhas, termasuk mengenai peran SDGs Center bagi masyarakat yang secara sosial-ekonomi terdampak pandemi Covid-19.

Sosialisai SDGs kepada organisasi mahasiswa lingkup Unhas ditutup dengan sambutan Dekan Sekolah Pascasarjana yang juga pembina SDGs Center Unhas, Prof. Jamaluddin Jompa, Ph.D. Beliau menegaskan bahwa SDGs merupakan tanggung jawab global untuk menyelesaikan berbagai masalah hari ini. Olehnya itu, mahasiswa diharapkan terlibat dan berkontribusi sesuai kapasitas masing-masing.

SDGs Center Unhas terus berupaya untuk mengembangkan kegiatan dan program dengan melibatkan berbagai pihak dan berkomitmen menjalankan prinsip no one left behind (tidak ada yang tertinggal) serta menjadi center yang dapat mempercepat pencapaian SDGs di Indonesia bagian Timur. (rls/fajar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed