oleh

UIM Satu-satunya PTS Dipercaya Mitra Program Beasiswa Kemenag

koran.fajar.co.id, MAKASSAR –- Universitas Islam Makassar (UIM) menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia Timur yang dipercaya Kementerian Agama (Kemenag) menyelenggarakan Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun ini.

“Iya, benar UIM satu-satunya universitas swasta di kawasan timur Indonesia yang menjadi mitra Kemenag dalam PBSP,” jelas Rektor UIM, Dr. Ir. Hj. A. Majdah M Zain, MSi, yang dikonfirmasi, Senin (15/3/2021).

Majdah berharap, dengan kepercayaan tersebut memotivasi semua komponen untuk memberikan yang terbaik bagi kemajuan UIM ke depan.

Akhir pekan lalu, Kemenang merilis informasi pendaftaran PBSB tahun ini akan dibuka pada pertengahan Maret 2021. Ada 21 pilihan Perguruan Tinggi yang akan menjadi mitra Kemenag dalam PBSB, salah satunya UIM

“Pendaftaran PBSB tahun 2021 segera dibuka. Kami sedang siapkan perangkatnya, para santri agar terus update informasi resmi seputar PBSB,” tegas Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren), Waryono Abdul Ghofur di Jakarta.

PBSB sudah berjalan sejak 2004. Ribuan sarjana santri sudah lahir dari program ini. PBSB merupakan salah satu bentuk afirmasi negara bagi para santri agar dapat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi. 

Melalui PBSB, santri diharapkan mampu merespon tantangan zaman, mentransformasikan nilai-nilai agama dan nilai-nilai kemanusiaan yang universal dalam konteks kekinian.

Berikut daftar pilihan perguruan tinggi dalam seleksi PBSB tahun 2021, UIN Alauddin Makassar, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Selain itu, UIN Walisongo Semarang, UIN Sumatera Utara Medan, IPB Bogor, ITS Surabaya, UGM Yogyakarta, Unisma Malang, UPI Bandung, UI Jakarta, UNJ Jakarta, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Jakarta, Unwahas Semarang, Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung, UIM Makassar, dan Unram Mataram.

Lebih rinci Majdah mengungkapkan UIM mendapatkan kuota di PBSB itu untuk Fakultas Pertanian jurusan Agrobisnis sebanyak 10 santri dan jurusanAgroteknologi sebanyak 10 santri.

Menanggapi hal itu, Dekan Fakultas Pertanian UIM, Dr Ir Suardi Bakry, MSi, menyambut positif. “Kami mempersiapkan diri untuk melayani para santri berprestasi yang memilih program studi Agribisnis dan Agriteknologi Fakultas Pertanian UIM,” ujarnya.

News Feed