by

Red Campus Talk Unhas Perkenalkan Prodi Rekayasa Kehutanan dan Konservasi Hutan

koran.fajar.co.id, MAKASSAR  — Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan program bertajuk Red Campus Talk edisi ke-13 dengan tema “Mengelola dan Menghijaukan Kembali Dunia: Seputar Prodi Rekayasa Kehutanan dan Prodi Konservasi Hutan”.

Program ini berlangsung secara live melalui akun instagram @hasanuddin_univ, Kamis (18/3/2021). Menghadirkan narasumber, Dr. Andi Detti Yunianti, S.Hut., MP., (Ketua Prodi Rekayasa Kehutanan) dan Ir. Nasri, S.Hut., M.Hut., IPP (Dosen Prodi Konservasi Hutan). Masing-masing prodi ini berada di bawah pengelolaan Fakultas Kehutanan.

Pada kesempatan tersebut, Yunianti sebagai Ketua Prodi Rekayasa Kehutanan menjelaskan prodi ini merupakan prodi yang baru dibentuk oleh Fakultas Kehutanan. Sebelumnya, bidang kajian ini merupakan laboratorium, kemudian dikembangkan menjadi satu prodi. Kehadiran prodi ini salah satunya untuk menjawab tantangan permasalahan kehutanan utamanya bahan baku pada industri.

Yunianti menuturkan prodi ini berfokus pada pembelajaran rekayasa genetik untuk menghasilkan produk tanaman hutan berkelanjutan. Hadirnya prodi ini diharapkan dapat menghasilkan luaran SDM berkualitas dan berdaya saing untuk mempersiapkan bahan baku industri. Sebagai prodi baru, Yunianti menambahkan jalinan kemitraan semakin diperluas guna mendorong pembelajaran yang lebih efektif melalui proses magang.

Dosen Prodi Konservasi Hutan, Ir. Nasri juga menjelaskan mengenai prodi tempatnya mengajar. Dirinya menuturkan prodi konservasi hutan lebih berfokus pada pembelajaran melindungi keanekaragaman hayati, khususnya pada kawasan Wallacea. Setidaknya ada tiga inti sari materi yang akan mahasiswa dapatkan pada prodi ini, yakni perlindungan flora dan fauna, pemanfaatan hasil hutan dan pengelolaan hutan yang mengarah pada pembangunan berkelanjutan.

Untuk prospek karir sendiri, Nasri menambahkan lulusan prodi ini memiliki kesempatan yang luas. Selain dapat bekerja pada kementerian kehutanan, unit-unit kerjanya, maupun dinas lingkungan hidup pada berbagai level, alumni dapat bekerja sebagai peneliti maupun tenaga pengajar. Prodi ini juga secara aktif mengembangkan kerja sama lingkup nasional maupun internasional.

Red Campus Talk merupakan upaya memperkenalkan seluk-beluk program studi pada jenjang strata satu yang ada di Unhas. Saat ini, Unhas memiliki 67 program studi strata satu, dan 2 program studi vokasi atau sarjana terapan. Program ini hadir dalam rangka membantu calon mahasiswa memutuskan pilihan program studi, kegiatan menampilkan paparan singkat yang dikemas secara populer dan kasual, namun informatif.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed