oleh

Makassar Diajak Gelap Selama Satu Jam

koran.fajar.co.id, MAKASSAR  — Gerakan Earth Hour menjadi cara yang mudah dilakukan semua orang untuk menghemat energi. Salah satunya memadamkan lampu dan peralatan listrik.

Tahun ini kelompok anak muda pecinta lingkungan di Makassar, kembali mengajak semua kalangan  berpartisipasi  dalam kampanye global “Earth Hour”.

Mengangkat tema “Makassar Gelap”, sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Masyarakat diajak untuk memadamkan lampu dan peralatan listrik. Durasi waktunya selama 1 jam, mulai pukul 20.30 WITA sampai 21.30 WITA, Sabtu, 27 Maret.

Penanggung Jawab Earth Hour Makassar 2021, Muh Iqbal Ahkam mengatakan aksi ini sudah disetujui Pemerintah Kota Makassar dan beberapa perusahaan, salah satunya hotel.

“Kami akan fokuskan aksi MakassarGelap ini di Rujab Wali Kota Makassar, Baruga Anging Mamiri,” ungkap, Iqbal Ahkam, dalam siaran persnya, usai menggelar rapat pemantapan, Jumat (19/33/2021).

Menurut Iqbal, sebenarnya banyak sekali aksi-aksi kecil yang dapat berpengaruh besar pada lingkungan. Salah satunya, pemadaman lampu. Namun semua itu bergantung pada kemauan masyarakat.

“Aksi kecil ini bisa memperbaiki lingkungan dan menghemat sumber daya alam terbatas untuk generasi penerus,” jelas Iqbal.

Sementara itu, Koordinator Kota Earth Hour Makassar, Dino Kanino mengatakan, secara global Earth Hour merupakan aksi di seluruh dunia dalam usaha mengurangi laju pemanasan global dan dampak perubahan iklim.

Dikatan Dino, pemadaman yang dilakukan, tentunya diperlukan sinergitas dari berbagai pihak. Salah satu dampak dari pemadaman lampu yaitu menghemat energi dan mengurangi emisi karbondioksida (CO2). Semuanya ini yang dapat mengakibatkan terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim.

“Ini bukanlah gerakan yang hanya melakukan seremonial individual dan kelompok belaka. Namun kami ingin memperlihatkan bahwa aksi kecil untuk perubahan yang besar,” pungkas Dino. (wis/fajar)

Komentar

News Feed