by

Unhas Perkenalkan Dua Prodi Vokasi di Kampus Sidrap

koran.fajar.co.id, MAKASSAR  — Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan program bertajuk Red Campus Talk edisi Ke-14 dengan tema “Melek Teknologi dan Siap Majukan Potensi Daerahmu: Seputar Prodi Teknologi Produksi Ternak dan Prodi Teknologi Produksi Tanaman Pangan”.

Program ini berlangsung secara live melalui akun instagram @hasanuddin_univ, Jumat (19/3/2021). Menghadirkan narasumber, Dr. Ir. Zulkharnaim, S.Pt., M.Si., IPM (Ketua Prodi Teknologi Produksi Ternak) dan Dr. Abdul Azis, S.TP., M.Si., (Ketua Prodi Teknologi Produksi Tanaman Pangan). Dua prodi tersebut merupakan program vokasi Unhas di Kabupaten Sidrap.

Abdul Azis menjelaskan, secara singkat terkait pembentukan program vokasi Unhas Sidrap, yang merupakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap, yang disesuaikan dengan potensi wilayah daerah sekitar.

Kelas vokasi Teknologi Produksi Tanaman Pangan menghadirkan kurikulum yang sesuai dalam penguasaan keterampilan dunia kerja. Lulusan akan dibekali keterampilan yang didukung dengan bukti sertifikat dan memiliki peluang besar sebagai praktisi pertanian, teknisi pertanian hingga agropreneur.

Hal serupa juga disampaikan Zulkharnaim, yang menjelaskan kontribusi dan posisi strategis kelas vokasi.  Program ini merupakan penghubung antara industri dan pendidikan melalui kurikulum yang didesain dengan 70% praktikum dan 30% teori. Mahasiswa berpeluang untuk menguasai bidang keahlian tertentu.

Untuk tenaga pengajar, Zulkharnaim mengatakan, kelas vokasi Teknologi Produksi Ternak maupun Teknologi Produksi Tanaman Pangan menghadirkan pengajar yang memang berkecimpung dalam dunia industri.

Lulusan program vokasi sangat memiliki peluang besar untuk langsung terjun dalam dunia kerja karena selain mendapatkan pengetahuan juga didukung dengan sertifikat yang mendukung keterampilan mahasiswa.

“Karena ini diploma empat atau setara Sarjana Terapan, jadi untuk masa studi hampir sama dengan jenjang sarjana. Untuk mendukung praktikum mahasiswa, kemitraan terus ditingkatkan. Misalnya saja dari Prodi Teknologi Produksi Ternak, kita kerja sama dengan Japfa dan Charoen Pokphand serta dinas terkait. Juga kami disediakan lahan praktikum untuk mahasiswa,” beber Zulkharnaim.  (rls/fajar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed