oleh

Unhas Gelar FGD Balance Persiapan Sambut Mahasiswa Tahun 2021

koran.fajar.co.id, MAKASSAR — Universitas Hasanuddin melalui Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Basic Learning Skills, Character and Creativity (BALANCE). Kegiatan ini diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting pada Kamis (18/3) hingga Sabtu (20/3).

Mengawali kegiatan, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. drg. A Arsunan Arsin, M.Kes., menekankan pentingnya kegiatan ini untuk seluruh mahasiswa baru. Dengan harapan, memberi pemahaman tentang karakter ke-Unhas-an dan adaptasi awal mahasiswa ketika berubah status dari siswa menjadi mahasiswa.

“BALANCE merupakan kegiatan wajib untuk seluruh mahasiswa baru. Mahasiswa akan dibekali dengan materi yang dapat mendorong mereka lebih cepat beradaptasi dengan kehidupan kampus. Hal ini sangat penting dalam mengembangkan karakternya menjadi mahasiswa-mahasiswa yang unggul dan berprestasi,” jelas Prof Arsunan.

Ketua Tim Kelompok Kerja (Pokja) Balance Unhas 2021, Ira Taskirawati, S.Hut., M.Si., Ph.D., menjelaskan FGD tersebut bertujuan untuk memperoleh masukan, informasi dan menyamakan persepsi antara Tim Pokja dengan pihak kemahasiswaan dan alumni Unhas, utamanya mengenai pembaharuan materi-materi yang akan diajarkan kepada mahasiswa baru.

“Pelaksanaan FGD ini dikhususkan untuk mengumpulkan informasi terkait materi BALANCE yang akan diajarkan kepada mahasiswa baru. Kita perlu menyamakan persepsi setiap materi terutama modul, bahan presentasi, skenario pembelajaran dan tugas yang akan diberikan. Harapannya, setiap materi akan terstandardisasi dengan baik sehingga mahasiswa baru lebih mudah memahami materinya,” jelas Ira.

Diskusi Kelompok Terarah ini dilaksanakan dengan jumlah peserta yang terbatas. Hanya dihadiri oleh Tim Pokja dan bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas. Adapun Tim Pokja sendiri merupakan perwakilan dosen dari setiap Fakultas di Unhas.

Kegiatan diawali dengan pemaparan materi oleh Dr. Ir. Syarifuddin M. Parenreng, ST., MT., menjelaskan materi awal yakni “Saya dan Unhas”. Tujuan materi ini agar mahasiswa dapat mengenal diri dan potensinya secara utuh dan mengenal Unhas lebih dalam. Dengan demikian, dapat menempatkan diri dan potensinya untuk kemajuan Unhas dan dirinya di masa yang akan datang. Setelah pemaparan materi, semua peserta FGD memberikan masukan dan kritikannya terhadap materi tersebut.

Komentar

News Feed