oleh

Ahli Prostodonsia Asal Amerika jadi Pemateri Seminar Kolaborasi FKG Unhas dengan Unair

koran.fajar.co.id, MAKASSAR –- Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin dan FKG Universitas Airlangga (UNAIR) menyelenggarakan seminar bersama “Stovit Online Series” seri kedua, melalui aplikasi zoom meeting, Sabtu (20/3/2021).

Seminar ini menghadirkan ahli prostodonsia dari University of California Los Angeles (UCLA), Dr. Cortino Sukotjo, DDS., Ph.D., MMSc. Ia membawakan materi berjudul “CAD-CAM in Dentistry”.

Prostodonsia adalah cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari metode rehabilitasi dan pemeliharaan fugsi rongga mulut, kenyamanan, penampilan, dan kesehatan gigi. Metodenya adalah melalui pembuatan restorasi gigi asli atau penggantian gigi yang hilang dengan bahan pengganti buatan.

Dekan FKG Unhas, drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) menyampaikan bahwa pada kegiatan seri kedua ini merupakan kelanjutan dari kegiatan seri sebelumnya, dengan tema yang lebih variatif dan narasumber ahli di bidangnya.

“Dr. Cartino merupakan alumni Universitas Padjadjaran yang melanjutkan studi di UCLA dalam bidang Oral Biology, dan Harvard School of Dental Medicine dalam bidang Prosthodontics”, kata drg. Ruslin.

Lebih lanjut drg. Ruslin menyampaikan bahwa Dr. Cartino juga merupakan seorang Diplomate dari American Board Certified Prosthodontics, fellow pada American College of Prosthodontists (ACP), fellow pada Asosiasi dari Akademi Prostodontik, anggota Pusat Kebijakan Komite Penelitian, dan Analisis Pendidikan ADEA, Yayasan ADEA / William J. Gies

“Pada bulan Agustus 2019, Dr. Cortino untuk pertama kalinya berkunjung ke Makassar untuk memberikan kuliah tamu. Atas persetujuan dari ibu Rektor, Dr. Cortino diterima menjadi adjunt Professor di FKG Unhas”, jelas drg. Ruslin.

Pada seminar seri kedua ini, selain Dr. Cortino, juga hadir sebagai narasumber dua pembicara, masing-masing dari FKG Unair dan FKG Unhas.  Kedua pembicara secara spesifik membahas tentang publikasi ilmiah, yang menjadi kebutuhan mahasiswa dan dosen.

Dr. Dian Agustin W, drg., Sp.KG (K) dari Unair membawakan materi berjudul “Peran Publication Centre sebagai Sarana Mahasiswa Sukses Studi Kedokteran Gigi”.  Sementara drg. Acing Habibie Mude, Ph.D., Sp.Pros dari FKG Unhas mempresentasikan tema “Memilih Jurnal Ilmiah Bereputasi Internasional untuk Publikasi”.

Komentar

News Feed