oleh

Kookmin Bank Bukopin Dorong Pertumbuhan UMKM

koran.fajar.co.id, MAKASSAR –- Kookmin Bank (KB) Bukopin akan mencontoh strategi bisnis perusahaan induknya, Kookmin Bank di Korea Selatan. KB Bukopin paling terdepan menyokong pertumbuhan UMKM.

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi pasar penting bagi KB Bukopin. Sektor ini berperan besar mendorong pertumbuhan ekonomi.

Direktur Utama KB Bukopin, Rivan A Purwanto, mengemukakan, ekosistem UMKM akan digenjot tahun ini. “Ekosistemnya akan kita selesaikan tahun ini. Kita akan bermain di bank digital,” ujar Rivan di The Rinra Makassar, Selasa, 23 Maret.

Dijelaskan Rivan, pada 2019, Kookmin Bank menjadi pemimpin pasar pada segmen kredit  UMKM di Korea Selatan. Menjadi bank komersial pertama yang menyalurkan kredit di sektor UMKM dengan nilai Rp103,3 triliun won atau setara Rp1.308 triliun. “Semoga bisa ditularkan juga ke KB Bukopin. Semangatnya adalah, bank nasional yang go global,” harapnya.

Rivan mengemukakan, pihaknya juga telah melakukan transformasi untuk memperkuat fundamental perseroan. Dia berharap, kekuatan digital banking dapat menciptakan segmen pasar baru. “Makanya, UMKM akan menjadi sektor andalan KB Bukopin ke depan. Kegiatan finansialnya sangat potensial,” ungkapnya.

Mantan Direktur Keuangan PT KAI ini yakin, KB Bukopin mampu melahirkan produk dan layanan sesuai kebutuhan nasabah. Sehingga, bisa menjadi lembaga perbankan ternama dan kompetitif di Indonesia.

Sebelumnya, Kepala Dividi Implementasi Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Manajemen Interm Bank Indonesia (BI) Sulsel, Ali Aftan, mengemukakan, penetrasi pengguna internet di Sulsel mencapai 61,2 persen. Sebanyak 5,8 juta orang dari populasi Sulsel sebanyak 8,9 juta orang sebagai pengguna internet. “Makanya sangat penting membangun ekonomi digital di Sulsel,” katanya.

Setelah resmi menjadi bagian dari  Bank No.1 di Korea , KB Bukopin kembali berbagi kebahagiaan untuk para K-pop lovers dengan program “Buka Rekening KB Bukopin, Gratis Poster BTS”. (rlis/fajar)

News Feed