oleh

Unhas dengan BRI Segera Hadirkan Model Pembayaran Electronic Payment

koran.fajar.co.id, MAKASSAR — Universitas Hasanuddin melalui kerja sama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) segera menghadirkan model pembayaran berbasis digital. Kerja sama ini dalam rangka memberikan kemudahan kepada sivitas akademika lingkup Unhas untuk proses transaksi.

Model pembayaran digital tersebut dibahas pada pertemuan antara Unhas bersama BRI yang secara terbatas di Ruang Rapat A, Lt. 4 Gedung Rektorat Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis (25/3/2021).

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Infrastruktur Unhas, Prof. Dr. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil., menjelaskan Unhas ingin memberikan kemudahan kepada mahasiswa dalam melakukan proses transaksi, utamanya pada pembayaran UKT. Model Elektronik Payment atau nantinya di kenal sebagai Unhas Pay merupakan gagasan pimpinan Unhas dalam merespon perkembangan teknologi digital.

Pertemuan antara perwakilan Unhas dan BRI dibuka secara langsung Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas rencana menghadirkan model pembayaran Unhas berbasis digital semakin jelas dan terarah. Menurutnya, pembayaran digital merupakan bukti transformasi layanan berbasis IT, meskipun nantinya dilakukan secara bertahap.

“Jika Unhas Pay sudah populer, maka ini menjadi salah satu indikator bahwa Unhas telah memberikan kemudahan berinteraksi secara ekonomi sekaligus bagian dari proses menata manajemen asset keuangan dan pelayanan yang lebih transparan dan mudah,” jelas Prof Dwia.

Mewakili pihak BRI, Muhammad Yusuf selaku Wakil Kepala Divisi Retail Payment Kantor Pusat BRI Jakarta menjelaskan BRI memiliki kurang lebih 14 payment gateway yang akan membantu dalam merealisasikan Unhas Pay sekaligus menyakinkan dan mewadahi apa yang Unhas inginkan.

“Semua bisa dimasukkan dalam Unhas pay. Konsepnya akan kami sediakan nomor induk untuk mengindentifikasi pengguna. Pembayaran bisa dilakukan dalam Unhas Pay. Tapi, ini kami perlu komunikasi juga dengan IT Unhas agar platform yang nantinya tersedia bisa terbaca sesuai dengan yang akan kami siapkan,” jelas Yusuf.

Lebih lanjut, Yusuf juga memberikan gambaran umum mengenai rancangan tampilan dan subjek menu yang akan tersedia dalam Unhas Pay seperti E-Money, Market Place, E-Wallet dan beberapa pilihan lainnya.

News Feed