oleh

Mengenal Prodi Sosiologi dan Antropologi

koran.fajar.co.id, MAKASSAR –- Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan program bertajuk Red Campus Talk edisi Ke-17 dengan tema “Karena Mahasiswa Adalah Wakil Rakyat: Seputar Prodi Sosiologi dan Prodi Antropologi”.

Program ini berlangsung secara live melalui akun instagram @hasanuddin_univ, Kamis (25/3/2021). Menghadirkan narasumber, Dr. M. Ramli AT (Dosen Departemen Sosiologi) dan Dr. Tasrifin Tahara (Dosen Departemen Antropologi). Kedua prodi ini berada di bawah pengelolaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).

Pada kesempatan awal, Ramli menjelaskan bahwa Prodi Sosiologi yang telah terakreditasi A oleh BAN-PT berfokus pada pembelajaran yang berkaitan dengan proses interaksi manusia dalam kelompok. Di prodi ini juga telah tersedia jenjang pendidikan mulai dari strata satu hingga program doktor dengan kualifikasi tenaga pengajar yang berkualitas dan kompeten.

Dari sisi pengembangan sarana prasarana dan kemitraan, Ramli menambahkan Prodi Sosiologi setiap tahunnya menjalin kerja sama baik skala nasional maupun internasional dalam bidang riset maupun publikasi yang juga sering kali melibatkan mahasiswa dalam berbagai project penelitian. Di Sosiologi, tersedia ruang baca dengan banyak koleksi buku serta fasilitas lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa.

Untuk Prodi Antropologi, Tasrifin memberikan penjelasan bahwa prodi ini lebih berfokus mengkaji kebudayaan dalam masyarakat. Sehingga, jika dibandingkan dengan Sosiologi, prodi Antropologi lebih mengarah kepada peradaban dan kebudayaan satu masyarakat yang sedang berkembang. Saat ini, prodi Antropologi telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Dalam prodi ini, kata Tasrifin, memiliki karakteristik dimana mahasiswa dan dosen tidak memiliki jarak. Artinya, dosen dan mahasiswa secara aktif sering terlibat melakukan kolaborasi penelitian. Tidak hanya itu, juga didukung dengan professor dan tenaga ahli lainnya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa.

Red Campus Talk merupakan upaya memperkenalkan seluk-beluk program studi pada jenjang strata satu yang ada di Unhas. Saat ini, Unhas memiliki 67 program studi strata satu, dan 2 program studi vokasi atau sarjana terapan. Program ini hadir dalam rangka membantu calon mahasiswa memutuskan pilihan program studi, kegiatan menampilkan paparan singkat yang dikemas secara populer dan kasual, namun informatif.

News Feed