by

Unhas Gelar Rapat Persiapan Pelaksanaan UTBK 2021

koran.fajar.co.id, MAKASSAR –- Bidang Akademik Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021. Rapat berlangsung secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat pada Senin (29/3), pukul 09.30 Wita, di Ruang Rapat A, Lantai 7, Gedung Rektorat Unhas.

Sesuai jadwal Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), pelaksanaan UTBK akan dilaksanakan secara dua gelombang, yaitu tanggal 12 April s.d. 18 April 2021 (Gelombang I) dan 26 April s.d. 02 Mei 2021 (Gelombang II).

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP, menjelaskan, Unhas kembali memperoleh kepercayaan sebagai Pusat UTBK. Sehingga, berbagai persiapan teknis perlu dilakukan.

“Sampai saat ini, sudah ada 31 ribu pendaftar yang memilih Unhas. Sebanyak 15 ribu di antaranya akan mengikuti ujian di Pusat UTBK Unhas. Sementara pendaftaran masih ada beberapa hari lagi. Jadi kita perlu mempersiapkan betul teknis pelaksanaan UTBK nantinya,” jelas Prof. Restu.

Pelaksanaan UTBK yang dikelola Unhas akan menggunakan tempat di Kampus Unhas Tamalanrea, Kampus Unhas Gowa, dan beberapa mitra. Panitia telah membagi lokasi setiap ruangan pada kedua gelombang.

Sementara untuk persiapan teknis lainnya berkaitan dengan respon terhadap situasi pandemi yang belum selesai.  Akan tetapi, terdapat perbedaan dibandingkan dengan pelaksanaan tahun lalu.

“Tahun lalu ada kewajiban untuk memperoleh rekomendasi dari Satgas Covid setempat. Namun tahun ini, LTMPT hanya mewajibkan kita berkoordinasi saja. Meskipun demikian, kita akan tetap melibatkan Satgas Covid-19 Unhas,” ungkap Prof. Restu.

Secara teknis pelaksanaan, Kordinator Teknologi Informasi dan Komputer (TIK), Dr. Eng. Wardi, MT  melaporkan kesiapan perangkat dan sistem IT Unhas.

“Khusus untuk kesiapan server dan teknologi informasi, kita sudah melakukan simulasi nasional 24-25 Maret kemarin. Alhamdulillah, Unhas tidak ada masalah, tidak ada lagi warning untuk kesiapan IT dan server,” kata Wardi. (mukhlis/fajar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed