by

Unhas Gelar Workshop Pembuatan Standar Operasional Kerja Sama

koran.fajar.co.id, MAKASSAR –- Universitas Hasanuddin melalui Direktorat Inovasi, Kewirausahaan dan Kemitraan menyelenggarakan Workshop Pembuatan Pedoman dan Standar Operasional (SOP) Kerja Sama.

Kegiatan berlangsung secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Hotel Gammara, Makassar dan terhubung secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Sabtu (27/3/2021).

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan Unhas, Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D., Sp.MK., menjelaskan era globalisasi saat ini menuntut seorang peneliti tidak hanya melakukan kerja sama penelitian dalam negeri, namun juga diharapkan melakukan kolaborasi dengan para peneliti di luar negeri. 

Hal ini dipandang perlu mengingat begitu cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Melalui kerja sama dengan pihak luar diharapkan mampu meningkatkan kualitas penelitian dan jumlah publikasi hasil penelitian dari para peneliti Indonesia dalam jurnal ilmiah bereputasi Internasional.

Dalam lingkup Unhas, upaya peningkatan jumlah publikasi ilmiah pada jurnal bereputasi internasional terus dimaksimalkan. Namun demikian, dipandang perlu untuk terus mengoptimalkan jumlah publikasi internasional, dimana salah satunya adalah dengan kolaborasi penelitian dengan pihak luar negeri. 

Kolaborasi penelitian akan meningkat seiring dengan meningkatnya kemampuan para peneliti dalam mengakses pendanaan riset baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Tujuan workshop salah satunya memperluas jejaring penelitian dari para peneliti di Unhas. Diharapkan tercipta pemanfaatan sumberdaya dan fasilitas bersama antar lembaga secara berkesinambungan dengan mitra luar negeri,” jelas Prof Nasrum.

Selain itu, lanjutnya, dapat meningkatkan kemampuan para peneliti Unhas untuk melakukan kerja sama penelitian dan meningkatkan mutu penelitian serta jumlah publikasi ilmiah dalam jurnal ilmiah bereputasi internasional.

Melalui workshop pembuatan proposal kerja sama, Prof Nasrum berharap para peserta dapat menyusun proposal penelitian kerja sama antara peneliti Unhas dengan peneliti di perguruan tinggi maupun lembaga penelitian luar negeri. Selain itu, diupayakan terciptanya jejaring yang lebih luas kedepan.

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang bereputasi, Unhas sudah banyak mengelola kegiatan kerja sama secara melembaga. Hal ini sejalan dengan semakin terbukanya arus informasi dan semakin meningkatnya kebutuhan di antara berbagai institusi, baik akademik maupun non akademik.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed