by

Fitriana Hobi Koleksi Gelas dan Hargai Pemberian Orang

BUKAN hanya dipakai sebagai wadah minum, namun gelas juga bisa menjadi koleksian. Tak jarang menjadi penyambung silaturahmi satu sama lain. Fitriana membuktikannya, berkat kesenangannya mengoleksi gelas ia punya banyak kenalan baru.

Oleh: DEWI SARTIKA MAHMUD

MAKASSAR

Fitriana mengambil satu gelas berwarna putih hitam. Lantas meletakkan di atas rak berwarna putih yang ada di depannya. Dia lalu mencari kain basah, kemudian mengelap gelas tersebut dengan hati-hati. Satu lagi koleksian gelas yang baru ia dapatkan. Gelas tersebut hasil mengikuti kegiatan seminar disalah satu hotel.

Di akhir pekan, perempuan yang akrab disapa Anna Tulah ini mengaku, kala waktu sedang kosong dan lepas bekerja, ia gunakan untuk membersihkan gelas-gelas koleksiannya.

Ada beberapa alasan mengapa pemain film dan Pegawai Dinas Kesehatan Barru ini memilih mengoleksi gelas. Meskipun jelas banyak barang-barang lain yang lebih unik bisa di koleksi.

“Sensasinya berbeda. Koleksi gelas hasil pemberian itu seakan kita menghargai orang itu atau cara mengenang setiap moment, ” kata Anna Tula saat ditemui di Redaksi FAJAR beberapa waktu lalu.

Ada beberapa kelebihan juga mengoleksi gelas. Selain cantik sebagai pajangan, juga bisa jadi bahan pembicaraan ketika berkumpul sesama ibu-bu. “Jadi kalau ada yang datang kerumah, pasti pembahasannya dikoleksian saya ini,” tutur Perempuan kelahiran Ujung Pandang, 23 Agustus 1979 ini, sembari menunjukkan salah satu gelas yang dikoleksi pertama kali.

Anna menyatakan sudah memulai hobi membeli dan mengumpulkan gelas sejak 15 tahun lalu. Ia dominan dapat gelas melalui hunting di beberapa lokasi. Di luar kota salah satunya, namun kebanyakan dari pemberian atau mercandise saat menghadiri acara.

Koleksinya rata-rata gelas muk, atau yang memiliki pegangan. Warnanya juga bervariasi, tetapi dominan dadar putih tetapi ada gambaran di gelasnya. “Karena biasa ada gelas cukup langka. Dicetak terbatas dan lucu, jadi saya tertarik beli. Ini awal mulanya,” ungkap ibu dari empat anak ini.

Keuntungan lain yang dirasakan mengoleksi gelas, dari unsur seni. Tak perlu membeli pajangan mahal untuk keindahan. Cukup gelas yang mudah didapat, tetapi unik dan bentuk serta gambarnya lucu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed