by

Peringati Hari TBC, Unibos Hadirkan Dua Pakar Sharing Session

koran.fajar.co.id, MAKASSAR –- Memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) 2021, Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa (Unibos) menggelar webinar Bersama Prof. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(k), MARS, DTM&H, DTCE, FISR dan dr. Arif Santoso, MD, Sp.P., FAPSR selaku pemateri dan dr. Rahmawati Thamrin selaku moderator.

Dalam kegiatan yang diusung dengan tema  Current World TB Condition dan TB Treatment Implementation ini masing-masing pemateri memaparkan tentang pemahaman penyakit menular TBC dan lingkupnya. Kegiatan ini dilaksanakan secara online, selasa (30/3/2021).

Dalam sharing session ini dihadiri 100 peserta dari kalangan dokter, mahasiswa, karyawan dan peserta umum yang antusias mendengarkan pemaparan dari  Profesor Bidang Pulmonologi & Kedokteran Respirasi, FK UI Prof. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(k), MARS, DTM&H, DTCE, FISR yang menjelaskan “Robert Koch pada 24 maret 1882 yang mempersentasikan Kuman TB maka dari itu ditetapkanlah 24 maret sebagai hari peringatan TB sedunia dan mengungkapkan mengenai Kondisi TB Dunia saat ini merupakan masalah kesehatan yang harus diperhatikan karena pengobatan TB yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pulih dan angka kematian akibat penyakit TB ini sangat tinggi” Prof. Tjandra Yoga Aditama.

“Indonesia termasuk delapan negara yang menyumbang 2/3 kasus di seluruh dunia, dari 845.000 pasien TBC tersebut, 67% yang ditemukan dan diobati sedangkan 33% tidak ditemukan serta tidak mendapat pengobatan, oleh sebab itu kita punya target untuk menghentikan pada tahun 2030, dan memeperkuat kegiatan program mengatasi TB.  Akhir kata saya mengajak Unibos melawan Covid dan TB,” imbuhnya. (rls/fajar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed