by

Panitia Mubes Kembalikan Biaya Pendaftaran Balon Ketua IKA SMANSA 82

koran.fajar.co.id, MAKASSAR — Panitia penyelenggara Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Alumni SMA Negeri 1 (SMANSA) Makassar Angkatan 82, akhirnya mengembalikan biaya pendaftaran bakal calon (Balon) ketua IKA, setelah mendapat sorotan dan teguran keras.

Pengembalian itu, ditandai dengan penyerahan kembali biaya pendaftaran oleh panitia Mubes kepada Balon Ketua IKA Periode 2021-2024, Junaldi Monoarfa, sebesar Rp15 juta, Selasa (30/3/2021).

Informasi dihimpun, Rabu (3/3/2021), langkah panitia mengembalikan dana yang disebutkan sebagai biaya pendaftaran bakal calon ketua ini, lantaran munculnya sorotan dan kecaman dari kalangan alumni, serta adanya teguran keras dari Ketua Umum IKA SMANSA 82 saat ini, Azhary Sirajuddin.

Sebelumnya, panitia Mubes IKA SMANSA 82 yang diketuai Andi Parawansa ini, menjadwalkan pelaksanaannya pada Sabtu 20 Maret 2021 di Hotel Aryaduta Makassar, namun gagal terlaksana karena timbulnya kisruh internal antar alumni yang terkesan sudah mengarah kepada bakal terjadinya perpecahan kelompok alumni.

Kisruh tersebut disebabkan munculnya protes dan sorotan tajam terhadap beberapa kebijakan panitia yang dinilai tidak mengikuti aturan yang menjadi dasar dalam kehidupan berorganisasi.

Parahnya lagi, kebijakan-kebijakan itu ditetapkan secara sepihak dan tanpa pernah dikoordinasikan maupun dilaporkan kepada Ketua Umum IKA SMANSA 82 selaku pemberi mandat kepanitiaan.

Menyikapi protes-protes dan sorotan yang muncul itu, Ketua Umum IKA SMANSA 82 Azhary Sirajuddin mengadakan pertemuan yang berlangsung di Hotel The Rinra pada Senin (15/3/2021) lalu, dihadiri Penasihat Asriawan Umar, Ketua Harian Junaldi Monoarfa, dan beberapa petinggi SMANSA 82 lainnya.

Dalam pertemuan itu selain memberikan teguran keras kepada panitia, juga disepakati untuk menunda penyelenggaraan Mubes sampai awal bulan April 2021 dengan beberapa ketentuan, di antaranya mencabut persyaratan membebani biaya pendaftaran sebesar Rp15 juta kepada bakal calon Ketua Umum IKA SMANSA 82 Periode 2021-2024.

Selain meniadakan biaya pendaftaran, ditegaskan pula untuk memperbaiki personel kepanitiaan yang merangkul semua pihak, menetapkan sistem perwakilan per kelas yang dapat hadir di lokasi Mubes, dan memberikan hak suara yang sama kepada seluruh peserta Mubes baik yang mengikuti secara Luring maupun Daring.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed