by

Fakultas Farmasi Unhas Program Bina Desa Tematik Covid-19

koran.fajar.co.id, MAKASSAR  — Fakultas Farmasi Unhas menggelar Program Bina Desa Mahasiswa Tematik Covid-19. Kegiatan ini mengambil tema “Psikoedukasi dan Sosialisasi Social Distancing sebagai Tindakan Preventif Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19”, di Aula Fakultas Farmasi Unhas, Jumat (2/4/2021).

Sosialisasi kegiatan ini juga diisi dengan pembagian sembako, cairan pembersih tangan, dan minuman herbal untuk masyarakat di sekitar lingkungan Unhas.

Bina Desa Tematik merupakan program Fakultas Farmasi Unhas sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Kelompok masyarakat yang menjadi target kegiatan ini adalah mahasiswa kurang mampu, juru parkir, petugas kebersihan/penyapu jalanan, dan petugas keamanan di lingkup kampus Tamalanrea.

Panitia sebelumnya telah melakukan pendataan kelompok masyarakat yang membutuhkan dan terdamak pandemi.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. Drg. Andi Arsunan Arsin, M.Kes, ketika membuka kegiatan ini menyampaikan, ini merupakan kegiatan rutin di Unhas sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Unhas selalu berkomitmen untuk membangun peran dan rasa empati terhadap masyarakat. Alhamdulillah, Fakultas Farmasi ikut berkontribusi dalam gerakan ini. Ke depannya, Unhas akan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang terpusat dan bersama-sama kita laksanakan,” terang Prof. Arsunan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Farmasi Unhas, Prof. Subehan, MpharmSc, PhD, Apt, berharap dengan kegiatan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 khususnya di lingkup Unhas, Tamalanrea.

“Kita sangat peduli terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan sedikit meringankan beban ekonomi masyarakat dan mahasiswa” ujar Prof. Subehan.

Pada kesempatan ini, Siti Aminah yang merupakan mahasiswi Fakultas Farmasi Unhas Angkatan 2017 tampil membawakan materi bertajuk pentingnya menjaga Kesehatan jiwa selama masa pandemic Covid-19.

“Pandemi Covid-19 mengancam kesehatan fisik dan mental. Banyak masyarakat mengalami gangguan mental, seperti cemas berlebihan, depresi bahkan stres. Olehnya itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan jiwa,” ujar Aminah.

Acara ini turut dihadiri Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Fakultas Farmasi, Yulia Yusrini Djabir, MBMSc MSi PhD Apt, serta beberapa dosen di lingkup Farmasi Unhas.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed