oleh

Unhas Gelar Bimbingan Teknis Tenaga Fungsional Arsiparis

koran.fajar.co.id, MAKASSAR  — Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengelolan arsip sebagai suatu dokumen penting, Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Bagian Kepegawaian menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Fungsional Arsiparis. Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.00 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Aula LPMPP, Kampus Tamalanrea, Makassar, Senin (5/4/2021).

Kepala Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI) Unhas, Dra. Rosniati, MM, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bagi pengelola arsip tiap unit kerja, sehingga dapat menyusun dan menata arsip dengan baik dan benar.

Harapannya, ketika suatu saat dokumen tersebut diperlukan (misalnya untuk keperluan akreditasi, pembukaan prodi dan sebagainya), dapat dengan mudah ditemukan.

“Kegiatan ini diikuti oleh 48 peserta, 7 di antaranya merupakan fungsional arsiparis dan selebihnya masih pengelola. Arsip merupakan dokumen yang bernilai tinggi bagi suatu lembaga. Olehnya itu, kita berharap para pengelola arsip dapat melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan kearsipan secara cepat dan tepat,” jelas Rosniati.

Sekretaris Universitas, Prof. Dr. Ir. Nasaruddin Salam, MT, ketika membuka kegiatan ini, menekankan posisi arsip sebagai hal penting yang memengaruhi kualitas dan mutu layanan suatu kelembagaan. Para pengelola arsip memiliki peran dan fungsi yang sangat strategis.

Selain itu, Prof Nasaruddin juga mengingatkan, pengelolaan arsip tidak hanya membutuhkan keterampilan, tetapi juga diperlukan sikap dan perilaku berintegritas. Mengingat, beberapa dokumen arsip yang sifatnya rahasia.

“Saat ini hampir semua aspek telah bertransformasi ke tata kelola digital, termasuk dalam pengelolaan arsip.  Misalnya, kita menerima surat dari pusat tidak lagi dalam bentuk fisik, tapi file elektronik. Sehingga kita berharap pengarsipan kedepan harus mengikuti perkembangan digital, yang tentu saja lebih memudahkan. Sejauh mana kita meningkatkan mutu Unhas, maka sejauh itu pula peran arsiparis,” jelas Prof Nasaruddin. (mukhlis/fajar)

News Feed