oleh

Laboratorium Biofarmaka Farmasi Unhas Penuhi Akreditasi ISO 17025

koran.fajar.co.id, MAKASSAR –- Laboratorium Biofarmaka Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin memenuhi standar ISO 17025. Hal ini sesuai hasil keputusan dari proses assesmen yang telah dilakukan sebelumnya oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Melalui wawancara Selasa (6/4), Dekan Farmasi Unhas Prof. Subehan, M. Pharm.Sc., Ph.D., Apt., menyampaikan rasa syukur atas capaian tersebut. Dirinya menuturkan capaian ini telah diupayakan dan dipersiapkan sejak lama. Beliau menuturkan Farmasi Unhas akan memaksimalkan dan menerapkan metode-metode pengujian lainnya guna meningkatkan kinerja Laboratorium Farmasi kedepan.

Lebih lanjut, Prof Subehan menjelaskan proses terbentuknya Labotorium Biofarmaka sebagai laboratorium pengujian dan penelitian. Awalnya ada gagasan bagaimana agar metode uji yang digunakan bisa terstandarisasi dan bermanfaat lebih untuk masyarakat yang membutuhkan.

Sehingga dilakukan berbagai persiapan termasuk mengundang berbagai narasumber memberikan infomasi tentang akreditasi dan dilanjutkan dengan kelengkapan peralatan pengujian, validasi, uji banding.

“Setelah mempersiapkan kelengkapan yang diperlukan, kemudian dilakukan penyempurnaan dokumen termasuk SOP, untuk selanjutnya diajukan pendaftaran, sertifikasi dan visitasi secara daring. Kami menyiapkan menyiapkan live video, video pengerjaan dan wawancara,” jelas Prof Subehan.

Dengan pemenuhan standar ISO tersebut, maka semakin meningkatkan kepercayaan dan menjamin hasil uji yang sesuai (tidak bias) kepada pengguna. Selain itu, Prof Subehan berharap kedepan metode yang sama akan diterapkan dalam pengujian lainnya dan mempersiapkan untuk terakreditasi, agar semua ruang lingkup kegiatan yang dilaksanakan pada laboratorium di Fakultas Farmasi terstandarisasi. (mukhlis/fajar)

Komentar

News Feed