oleh

Series Kuliah Tamu Internasional bagi Mahasiswa Farmasi Unhas

koran.fajar.co.id, MAKASSAR –- Program Studi S1 Fakultas Farmasi Unhas rutin mengadakan kuliah tamu (Lecture Series) yang menghadirkan dosen asing.  Kuliah tamu diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas Farmasi selama perkuliahan Tahun Akademik 2020/2021.

Dosen asing mengajar matakuliah antara 3 hingga 5 pertemuan, berasal dari perguruan tinggi ternama di Jepang, Australia dan Inggris.  Rabu (7/4) berlangsung kuliah tamu perdana oleh Dr. Tim Weil dari University of Cambridge, Inggris, yang akan memberi kuliah selama 4 pertemuan. Kuliah perdana hari ini berjudul ‘Life in Research’. 

Dr. Tim Weil selanjutnya akan memberi kuliah pada Jum’at (9/4) berjudul: ‘Model Organism’, kemudian pada Senin (12/4) dengan topik ‘From One Cell to Many’; dan kuliah terakhir pada Rabu (14/4) berjudul ‘Tales From Cell Biology’.

Dr. Tim Weil merupakan Deputy Head of School (Undergraduate Strategy) Departement of Zoology, The University of Cambridge. Kampus ini merupakan perguruan tinggi terbaik dunia, berada pada posisi ketujuh dalam penilaian QS World University Ranking.

Sebelumnya, kuliah dosen asing dibawakan oleh Dr. Robert Kinobe dari James Cook University, Australia yang telah membawakan 5 pertemuan membahas terapi antimikroba rasional dengan judul Selected Topics in Antimicrobial Therapy; Pharmacokinetis Principles: A Focus on Drug Metabolism; dan Pharmacodynamics Principles: Basic Concepts of Receptor Theory.

Ketua Departemen Farmasi Fakultas Farmasi Unhas, Firzan Nainu, M.Biomed.Sc., Ph.D., Apt. menjelaskan bahwa kuliah dosen asing ini merupakan salah satu pendekatan dalam rangka memperkuat kolaborasi akademik dengan institusi internasional untuk memberikan ‘insight’ akademik kepada mahasiswa.

“Saat ini, kerjasama Fakultas Farmasi Unhas dalam program kuliah dosen asing telah terjalin dengan beberapa institusi di Jepang (Kanazawa University), Australia (James Cook University dan The University of Queensland), dan Inggris (University of Cambridge). Kami berharap program ini dapat meningkatkan mutu pendidikan di Fakultas Farmasi Unhas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Firzan Nainu, Ph.D., Apt. menjelaskan bahwa saat ini juga, telah terbit publikasi kolaborasi bersama Assoc. Prof. Karryn Johnson (University of Queensland) dan Asso. Prof. Takayuki Kuraishi (Kanazawa University) dan sementara menjajaki kemungkinan publikasi bersama Dr. Tim Weil (University of Cambridge).

News Feed