by

Unhas Tuan Rumah Penyelenggaraan Musyawarah Wilayah ke-3 FPPTI Sulsel

koran.fajar.co.id, MAKASSAR –- Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui UPT Perpustakaan menjadi tuan rumah Musyawarah Wilayah (Muswil) Ke-3 Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Sulawesi Selatan.

Kegiatan berlangsung secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Aula LPMPP Unhas, Kampus Tamalanrea dan terhubung secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (7/4).

Mengawali kegiatan, Kepala UPT Perpustakaan Unhas Dr. Fierenziana G. Junus, S.S., M.Hum., menyambut baik terselenggaranya Muswil ke-3 FPPTI Sulsel dan mempercayakan Unhas sebagai tempat penyelenggaraan. Beliau berharap, Muswil ini akan menghasilkan rekomendasi yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan mutu dan layanan perpustakaan di Sulawesi Selatan secara khusus, maupun Indonesia secara umum.

Mewakili pimpinan Unhas, Prof. Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam, MT., selaku Sekretaris Universitas memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Dirinya mengharapkan hasil forum ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan untuk peningkatan kualitas dan mutu layanan perpustakaan. Prof Nasaruddin juga berharap agar ketua terpilih nantinya mampu menjalankan amanah yang diberikan dan membawa FPPTI melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Penyelenggaraan Muswil ke-3 FPPTI Sulsel dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Pengurus Pusat FPPTI, Mariyah, S.Sos., M.Hum. Dalam sambutannya beliau memberikan penjelasan mendetail mengenai FPPTI.  Beliau mengharapkan seluruh FPPTI cabang dapat saling bersinergi dan kolaborasi guna memaksimalkan dan memajukan tugas dan fungsi perpustakaan di Indonesia.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Panitia A. Nasri Abduh, S.Sos., menjelaskan bahwa FPPTI Sulsel berdiri sejak tahun 2002. Namun, pada periode kepengurusan kedua, forum ini kurang aktif. Sehingga, kemudian para pustakawan Sulsel berinisiasi untuk mengaktifkan kembali melalui berbagai proses panjang dan terpilih Unhas sebagai tuan rumah.

Melalui forum ini, Nasri menambahkan dapat dijadikan sebagai media untuk membangun kembali kerja sama antar pustakawan di lingkup Sulsel guna mengoptimalkan layanan perpustakaan kepada khalayak. Sehingga, kehadiran perpustakaan sebagai sumber informasi dapat dirasakan secara menyeluruh oleh masyarakat.

Setelah pembukaan kemudian dilanjutkan dengan agenda pembacaan tata tertib dan pemilihan serta penetapan bakal calon ketua pengurus wilayah FPPTI Sulsel yang dipimpin oleh Dr. Ir. H. Abdul Karim Hadi, M.Sc., selaku pimpinan sidang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed