by

Diskusi Ilmiah Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan Tinggi Berbasis SNI

koran.fajar.co.id, MAKASSAR  — Universitas Hasanuddin (Unhas) kerja sama Badan Standardisasi Nasional (BSN) menggelar diskusi ilmiah bertema “Penerapan Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan Tinggi Berbasis SNI ISO 21001:2018”.

Kegiatan berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan terhubung secara langsung di kanal youtube Unhas, Kamis (8/4/2021). Hadir sebagai narasumber Dra. Zakiyah MM., (Deputi Bidang Penerapan dan Penilaian Kesesuain, BSN) dan Prof. Dr. Nunuk H. Soekamto, M.S., (Ketua ISO Sekretariat, Unhas).

Dalam kesempatan tersebut, Prof Nunuk menyampaikan materi tentang “Manfaat Standardisasi Sistem Manajemen di Perguruan Tinggi”.  Pendidikan seyogyanya bukan hanya sebagai transfer pengetahuan, namun juga berfungsi sebagai pengembangan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermanfaat untuk mencerdaskan para generasi penerus bangsa.

Lebih lanjut, Prof Nunuk mengatakan dalam menghasilkan lulusan berdaya saing, banyak aspek harus dipersiapkan dengan melibatkan berbagai pihak. Misal pada aspek penjaminan mutu yang perlu dillaksanakan guna menjamin mutu dengan kegiatan yang sistematis dan terencana. Penjaminan mutu ini kata Prof Nunuk merupakan cara mengatur semua sumber daya pendidikan yang diarahkan agar semua orang yang terlibat dapat berpartisipasi menghasilkan jasa yang sesuai bahkam melebihi harapan.

Terkait ISO 21001:2018, Prof Nunuk menuturkan penerapan ISO ini akan menyelaraskan kegiatan lembaga dengan kebijakan dan visi misi kelembagaan. Tidak hanya itu, penerapan standardisasi ini akan meningkatkan tanggung jawab sosial dengan menyediakan pendidikan berkualitas yang inklusif dan adil untuk semua peserta didik.

Materi lain juga dijelaskan oleh Dra. Zakiyah terkait “Sekilas Penerapan Sistem Manajemen SNI ISO 21001:2018 Bagi Perguruan Tinggi”.

Zakiyah menjelaskan, ISO melibatkan seluruh pakar pendidikan dan sudah melalui diskusi mendalam. Penerapan 21001 juga menunjang capaian SDGs, selain itu juga dapat memenuhi kebutuhan dan harapan peserta didik maupun penerima manfaat lainnya. Sekaligus menjadi bagian dari interaksi spesifik antarorganisasi pendidikan, pelajar maupun pihak lainnya.

Lebih lanjut, Dra. Zakiyah menambahkan penerapan ISO 21001 menjadi penting karena bermanfaat untuk kebutuhan mengevaluaso tingkat pemenuhan persyaratan peserta didik, proses pendidikan semakin terfokus pada kreasi bersama, dapat diintegrasikan dan sifatnya yang harmonisasi baik pada skala regional, nasional dan lainnya dalam kerangka internasional.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed