oleh

Ketahanan Pangan Sulsel Terbaik di Indonesia

koran.fajar.co.id, MAKASSAR  — Badan Ketahanan Pangan  Kementerian Pertanian Republik Indonesia merilis capaian ketahanan pangan tiap daerah selama periode 2018 – 2020. Dari hasil analisis itu, Badan Ketahanan Pangan menetapkan Sulawesi Selatan sebagai Provinsi dengan Ketahanan Pangan Terbaik Periode 2018- 2020.

Nama Sulawesi Selatan diumunkan pada acara Ekspose Progres Ketahanan dan Kerentanan Pangan  2018 – 2020 yang dilaksanakan secara daring di Bogor, Jawa Barat, Rabu (7/4/2021).

Penghargaan diberikan  oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pangan Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng, kepada Kepala Badan Ketahanan Pangan Sulsel Ir. Fitriani, MP.

Fitriani bersyukur atas capaian itu. “Ini hasil kerja keras semua pihak di Sulsel. Penghargaan ini merupakan wujud prestasi kita srmua untuk mencapai kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan,” ungkap Fitriani, Kamis (8/4/2021).

Menurut Fitriani, ada tiga faktor yang dinilai untuk mengukur Indeks Ketahanan Pangan suatu daerah yakni ketersediaan, akses, dan manfaat pangan.

Berdasarkan peta kerawanan dan kerentangan pangan, lanjut Fitriani, Sulawesi Selatan berhasil menurunkan daerah rawan pangan menjadi tahan pangan. Selain itu ketersediaan pangan pokok strategis selama tiga tahun terakhir di Sulsel juga cukup tersedia. Pemerintah Sulawesi Selatan memiliki stok  rata-rata di atas 2 juta ton per tahun, sehingga mampu memasok beberapa provinsi di Indonesia.

“Keberhasilan ini dicapai merupakan  hasil kerja keras dan kerja sama Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dan Pemerintah Kabupaten/Kota serta dukungan pemangku kepentingan lainnya. (mukhlis/fajar)

Komentar

News Feed