by

Mengenal Prodi Sosial Ekonomi Perikanan dan Teknologi Hasil Perikanan Unhas

koran.fajar.co.id, MAKASSAR  — Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin (Unas) kembali menyelenggarakan program bertajuk Red Campus Talk edisi ke-27 dengan tema “Cerdas Mengelola Hasil Perikanan Indonesia?: Seputar Prodi Sosial Ekonomi Perikanan dan Teknologi Hasil Perikanan.

Program ini berlangsung secara live melalui akun instagram @hasanuddin_univ, Kamis (8/4/2021). Mengadirkan narasumber yakni Dr. Hamzah, S.Pi., M.Si., (Ketua Prodi Sosial Ekonomi Perikanan) dan Dr. Nursinah Amir, S.Pi., MP., (Dosen Prodi Teknologi Hasil Perikanan). Ketua prodi ini berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas.

Pada kesempatan awal, Hamzah menjelaskan prodi Sosial Ekonomi Perikanan resmi hadir tahun 2001. Untuk bidang kajian, Hamzah menuturkan ada tiga aspek yang menjadi fokus pembelajaran yakni aspek perikanan, sosial dan ekonomi. Prodi ini juga telah terakreditas A oleh BAN-PT, sehingga secara menyeluruh dapat memberikan jaminan kualitas proses akademik bagi mahasiswa.

Dari sisi kemitraan, Hamzah menuturkan prodi Sosial Ekonomi Perikanan memiliki sarana prasarana dalam menunjang proses pembelajaran seperti tambak, marine station maupun laboratorium yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk pengembangan akademik. Tidak hanya itu, juga didukung dengan sumber daya manusia unggul berkualitas dengan kualifikasi guru besar dan didominasi dosen jenjang doktor.

Untuk prodi Teknologi Hasil Perikanan, Nursinah menambahkan kajian dari prodi ini berfokus pada tiga aspek, yakni sistem penanganan hasil perikanan, pengelolaan hasil perikanan, dan kualitas produk hasil perikanan. Teknologi Hasil Perikanan merupakan prodi yang baru dibentuk pada November 2020 sesuai surat keputusan Rektor Unhas. Meskipun prodi baru, Nursinah menjelaskan sumber daya manusia telah memiliki kualifikasi dan kompetensi sesuai bidang kajian ilmu. Sehingga, diharapkan dapat mendorong lulusan berdaya saing dan unggul.

Edisi Red Campus Talk kali ini dipandu Surya Yudistira Ramadan (Student Volunteer Unhas) dan diikuti secara live lebi kurang 100 follower instagram @hasanuddin_univ. (mukhlis/fajar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed