by

Menristek/Ka-BRIN Resmikan Science Techno Park Universitas Hasanuddin

koran.fajar.co.id, MAKASSAR  — Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia (Menristek/Ka-BRIN), Prof. Bambang Permadi Soemantri, SE, MUP, Ph.D, meresmikan secara langsung Science Techno Park (STP) Universitas Hasanuddin (Unhas).

Acara peresmian berlangsung secara luring terbatas di Gedung Microfinance, Kampus Tamalanrea, Makassar, Jumat (9/4). Dilanjutkan dengan penandatangan MoU dan Perjanjian Kerja Sama antara STP Unhas dan para mitra baik pemerintah maupun pihak industri sebagai proses berkelanjutan untuk mengoptimalkan kehadiran STP Unhas ditengah masyarakat.

Selain itu, juga dilakukan penanaman bibit kakao unggul pada area teaching industry Unhas, disaksikan Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Prof. Ir. Nizam, M.Sc, Ph.D, IPM, ASEAN Eng, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, Dr. Abdul Hayat Gani, M.Si, serta para undangan lainnya.

Menristek/Ka-BRIN, Prof. Bambang Permadi Soemantri, SE, MUP, Ph.D, menyambut baik inisiatif dari Unhas. “STP bukan dilihat dari bangunannya saja, namun yang penting adalah aktivitas dan tujuan masa depan yang ingin dicapai,” ujarnya.

Menurut Prof Bambang, saat ini Indonesia menghadapi berbagai tantangan misal dalam posisinya sebagai negara upper middle Income. Di mana kecepatan teknologi menjadi jawaban keseluruhan tantangan tersebut. Munculnya hasil riset dan inovasi sangat di dibutuhkan oleh masyarakat.

“Saya lihat Unhas mempunyai kekuatan di bidang pertanian dan perikanan. STP ini bisa bermanfaat untuk menjadi jembatan melakukan pengabdian kepada masyarakat. Kedepan, kehadiran STP dapat menambah enterpreneur muda dan di satu sisi juga mengembangkan riset dan inovasi dengan hadirnya start up. Saya gembira Unhas begitu proaktif,” jelas Prof Bambang.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Prof. Ir. Nizam, M.Sc, Ph.D, IPM, ASEAN Eng, memberikan apresiasi atas hadirnya STP Unhas yang diharapkan menjadi jembatan penghubung berbagai hasil riset dan inovasi.

Menurutnya, sinergi penta helix dapat membangun kedaulatan dan kesejahteraan masyarakat. Tidak hanya itu, hadirnya STP Unhas dapat mendorong program merdeka belajar berlangsung secara optimal.

News Feed