by

Mau Tahu Persiapan Ramadan di Taiwan? Ini Dia 6 Caranya!

Oleh Dito Anurogo

Taipei, Taiwan – Bulan suci Ramadan adalah bulan mulia. Salah satunya karena di dalamnya Allah menurunkan Alquran. Umat Islam perlu menambah bekal keilmuan dan beberapa strategi sebagai persiapan menyambut datangnya bulan istimewa ini.

SUASANA KAJIAN KELIMA IMSA DI TMU TAIWAN

Pertama, berdoa kepada Allah SWT agar kita dipertemukan dengan Ramadan. Salah satu kalimat doa yang baik adalah, “Ya Allah, serahkanlah aku kepada Ramadan dan serahkan Ramadan kepadaku dan Engkau menerimanya kepadaku dengan kerelaan.”

Mu’alla bin al-Fadhi berkata, “Dulunya para salaf berdoa kepada Allah SWT selama enam bulan agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadan. Kemudian mereka berdoa kepadaNya selama enam bulan berikutnya agar Dia menerima (amal-amal saleh) yang mereka kerjakan.” (Lathaif Al-Ma’arif: 174)

Kedua, menuntaskan puasa tahun lalu. Tuntaskan hutang puasa sebelumnya di bulan Sya’ban. Sebagaimana Aisyah r.a. tidak dapat mengqadha puasanya kecuali di bulan Sya’ban. Perlu diketahui, menunda qadha puasa dengan sengaja tanpa ada uzur syar’i sampai masuk Ramadan berikutnya adalah dosa. Maka kewajibannya adalah tetap mengqadha dan ditambah kewajiban membayar fidyah menurut sebagian ulama.

Ketiga, persiapan keilmuan, yakni memahami fiqh puasa. Mu’adz bin Jabal ra berkata, “Hendaklah kalian memperhatikan ilmu, sebab mencari ilmu karena Allah adalah ibadah.” Atsar ini mendapatkan perhatian dari Ibnul Qayyim al-Jauziyyah. Beliau berkata, “Orang yang berilmu mengetahui tingkatan-tingkatan ibadah, perusak-perusak amal, dan hal-hal yang menyempurnakannya, dan apa-apa yang menguranginya.”

Allah menerangkan anjuran untuk menuntut ilmu di dalam QS Al Mujadalah ayat 11, yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.”

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR Muslim No 2699). 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed