oleh

Tim Pokja Unhas Gelar FGD Finalisasi Materi BALANCE Untuk Mahasiswa Baru 2021

koran.fajar.co.id, MAKASSAR  — Universitas Hasanuddin (Unhas) mempersiapkan proses penerimaan mahasiswa baru tahun 2021. Salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru adalah Basic Learning Skill, Character, and Creativity (BALANCE). Untuk itu,

Tim Kelompok Kerja (Pokja) Balance pada Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka finalisasi materi BALANCE untuk mahasiswa baru tahun 2021.

Pelaksanaan FGD dilakukan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan di Hotel Aston, Makassar, Sabtu (10/4/2021).

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes., dalam sambutannya memaparkan bahwa dari evaluasi selama ini, kegiatan BALANCE dirasakan sangay bermanfaat bagi mahasiswa baru. Kegiatan ini menjadi sentuhan pertama dalam membentuk mahasiswa baru berpikir kontruktif dan rasional.

“Kegiatan BALANCE sangat penting dalam membentuk karakter ke-Unhas-an mahasiswa baru. Sebelum identitas fakultas melekat, maka identitas Unhas akan lebih dahulu tertanam. Kita perlu bersinergi dalam mewujudkan kampus humaniversity, termasuk melalui BALANCE,” jelas Prof. Arsunan.

BALANCE telah dimulai sejak tahun 2017, yang merupakan penyempurnaan dari kegiatan sejenis. Sebelumnya, dikenal sebagai Basic Character and Study Skill (BCSS).

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Pokja BALANCE, Ira Taskirawati, S.Hut., M.Si., Ph.D., dalam paparannya menjelaskan kegiatan FGD  bermaksud untuk menyamakan persepsi antara Tim Pokja BALANCE dalam finalisasi materi ajar yang akan disampaikan kepada mahasiswa baru.

“Pelaksanaan FGD hari ini.merupakan lanjutan dari FGD sebelumnya. Finalisasi materi BALANCE meliputi modul, bahan presentasi, skenario pembelajaran, dan tugas yang akan diberikan. Kegiatan BALANCE Unhas semakin lebih baik dan lebih siap dalam menyambut mahasiswa baru 2021,” ungkap Ira.

Komposisi Tim Pokja BALANCE tahun 2021 adalah:

1. Ira Taskirawati, S.Hut., M.Si., Ph.D (Fakultas Kehutanan/Ketua Tim Pokja),

2. Dr. Syarifuddin M. Parenreng, ST., MT. (Fakultas Teknik/Wakil Ketua Tim Pokja),

3. Dr. Ir. Sri Purwanti, S.Pt., M.Si., IPM., ASEAN Eng (Fakultas Peternakan/Sekretaris Tim Pokja)

News Feed