by

Vaksinasi Covid-19 saat Berpuasa, Manfaat, Dampak, dan Kontraindikasinya

koran.fajar.co.id, MAKASSAR –- Proses Vaksinasi Covid-19 masih terus berlangsung secara bertahap ke seluruh masyarakat, termasuk lansia. Namun, memasuki bulan puasa, apakah proses Vaksinasi Covid-19 masih dapat dilakukan? Apakah vaksinasi Covid-19 dapat berpengaruh terhadap imunitas tubuh seseorang?

Menurut dr. Kathi Swaputri Kancana, Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Bekasi Utara, tidak ada perbedaan kondisi imunitas tubuh selama bulan puasa dengan ketika tidak berpuasa.

“Justru menurut para ahli, imunitas kita selama bulan puasa akan lebih meningkat jika dibandingkan ketika tidak berpuasa. Hal tersebut didukung dengan pola makan saat sahur dan buka puasa yang diterapkan dengan baik,” ujar dr. Kathi Swaputri Kancana, dalam siaran persnya, Selasa (13/4/2021).

Lebih jauh dijelaskan, dr. Kathi Swaputri Kancana, pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 juga diperbolehkan, bahkan disarankan untuk dilakukan ketika berpuasa. “Menurut pakar ahli kepala laboratorium Universitas Fakeeh, Dubai, Dr Paalat Menon, selama berpuasa, respon imun kita jutsru akan meningkat 2x lipat dikarenakan setelah 12 jam pasca puasa, makrofag pada sistem imun kita akan bekerja lebih cepat untuk membersihkan sel-sel mati dalam tubuh kita,” terangnya.

Proses tersebut, lanjut dr. Kathi Swaputri, disebut autofagi dimana sistem imun kita menjadi lebih sensitif. Itulah juga mengapa puasa sangat baik untuk pasien-pasien dengan diabetes, tuberculosis, dan penyakit metabolik lainnya.

Ketua gugus Covid-19 Primaya Hospital Bekasi Barat, dr. Yoana Periskila, MKK, mengatakan, masyarakat diperbolehkan melakukan Vaksinasi Covid-19 walaupun sedang berpuasa. “Hal tersebut sudah diinformasikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam fatwanya telah menegakan Vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa karena vaksin disuntikkan dan tidak melalui lubang tertentu pada manusia,” ungkapnya.

Menurut dr. Yoana Periskila, jika terdapat seseorang yang merasa lemas ketika berpuasa dan sedang dilakukan Vaksinasi Covid-19, sebaiknya peserta vaksinasi tersebut langsung beristirahat dan tidak melakukan kegiatan berat. Disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman dengan gizi seimbang ketika sahur dan berbuka puasa.

Hal ini diakui itu, DR. dr. Rachmat Latief, Sp.PD, KPTI, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Pentakit Infeksi Tropis Primaya Hospital Makassar. “Kita akan mendapat manfaat yang banyak dari aspek kesehatan ketika berpuasa. Selama asupan kalori cukup dari sahur hingga puasa, maka imunitas tubuh akan tetap terjaga,” bebernya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed