by

Pelaksanaan UTBK Unhas Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

koran.fajar.co.id, MAKASSAR  — Penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Pusat UTBK Universitas Hasanuddin (Unhas) menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 secara ketat.

Hal ini sesuai petunjuk pelaksanaan Lembaga Tes Masuk Pendidikan Tinggi (LTMPT), dan telah berlangsung sejak Senin (12/4) hingga hari ketiga Rabu, (14/4). Panitia Pusat UTBK Unhas secara tegas menerapkan prokes kepada peserta, mulai dari saat tiba di lokasi, antrean yang harus teratur dan menjaga jarak, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, menggunakan masker, dan sterilisasi ruang ujian sebelum dan sesudah test dengan cairan disenfektan.

Panitia juga menyediakan handsanitizer serta masker medis untuk digunakan oleh peserta. Sehingga, bagi peserta yang tidak menggunakan masker dengan baik dan benar serta sesuai aturan akan mendapatkan masker ganti dari panitia.

Saifullah, salah satu peserta UTBK yang berasal dari SMAN 13 Makassar yang mengikuti test di Laboratorium Pusat Bahasa Unhas memberikan respon positif atas penerapan prokes selama proses ujian. Menurutnya, Unhas telah melaksanakan upaya pencegahan Covid-19 dengan baik. Di lokasi test, Saifullah menjelaskan panitia menyediakan segala hal yang menunjang penerapan protokol kesehatan.

“Saya memilih prodi Psikologi di UI dan UGM, testnya di Unhas. Saya melihat, prokes pencegahan Covid-19 dilaksanakan sangat baik. Sarana prasarana seperti tempat cuci tangan, handsanitizer, ukur suhu tubuh hingga penyemprotan disenfektan telah diwadahi.  Suasana lokasi ujian juga nyaman dan tenang, karena di ruang ujian peserta tetap menjaga jarak. Jadi kita merasa aman mengikuti ujian,” jelas Saifullah.

Tanggapan serupa juga disampaikan oleh Mersirenden, siswa asal Toraja yang mengikuti ujian di Unhas. Menurutnya, para pengawas  menggunakan pelindung diri seperti masker dan face shield, sehingga dirinya merasa lebih tenang mengerjakan ujian. Dirinya berharap, dapat lulus dan menjadi bagian dari Unhas serta pelaksanaan ujian  dapat berlangsung dengan lancar.

Panitia Pelaksana Pusat UTBK Unhas mempersiapkan dan mengoptimalkan penerapan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat, baik kepada peserta, pengawas maupun panitia ujian. Menjaga jarak, mencuci tangan hingga pemeriksaan suhu tubuh diterapkan dengan baik.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed