by

Ketua Pusat UTBK Unhas Tinjau Penyelenggaraan Ujian di Kampus Gowa

koran.fajar.co.id, MAKASSAR –- Ketua Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Hasanuddin (Unhas),

Prof. Dr. Ir. Muhammad Restu, MP, kembali melakukan peninjauan proses pelaksanaan ujian yang berlokasi di Kampus Unhas Gowa, Kamis (15/4/2021).

Prof Restu didampingi Koordinator Pelaksana UTBK Unhas, Dr. Eng. Wardi, ST, M.Eng, melihat secara langsung penyelenggaraan ujian serta sarana prasarana yang digunakan, terutama komputer. Dia juga memantau penerapan protokol pencegahan Covid-19, baik peserta maupun pengawas ujian.

Pelaksanaan UTBK di Kampus Gowa Unhas menggunakan delapan ruangan dengan jumlah peserta kurang lebih 130-an orang pada setiap sesi.

Prof Restu menuturkan, untuk pelaksanaan tahun depan guna memaksimalkan jumlah peserta, diharapkan perangkat komputer maupun unit pendukung lainnya dapat ditingkatkan atau ditambah. Sehingga, membantu mengakomodir lebih banyak lagi peserta ujian.

“Kampus Gowa punya sarana prasarana memadai. Ini tampak dari ketersedian ruangan, juga perangkat. Kita harapkan bersama semoga Unhas dapat mewadahi lebih banyak lagi peserta ujian untuk tahun depan, salah satunya dengan menyediakan lebih banyak perangkat komputer,” jelas Prof Restu.

Kegiatan UTBK-SBMPTN dengan penerapan protokol Covid-19 ini juga telah di laksanakan tahun lalu. Meskipun demikian, kesiapan setiap unit kepanitiaan tetap perlu menjadi perhatian agar pelaksanaan ujian berlangsung lancar.

Panitia pelaksana juga mengantisipasi kemungkinan gangguan selama ujian, terutama resiko aliran listrik padam. Jika kondisi itu terjadi, peserta tidak perlu khawatir, sebab server akan secara otomatis menyimpan data terakhir ujian peserta. Dengan demikian, peserta tidak akan dirugikan.

Secara umum, pelaksanaan UTBK di Kampus Gowa Unhas berjalan dengan lancar. Hampir keseluruhan peserta mengikuti kegiatan dan tidak ada kendala berarti yang ditemukan selama proses ujian berlangsung. (mukhlis/fajar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed