oleh

Rumah Ludes, Hasmi Hanya Khawatirkan Anak

koran.fajar.co.id, MAKASSAR  — Hasmi (38) hanya bisa meratapi nasib. Tak satu pun barang yang bisa ia selamatkan, kecuali anaknya.

Api yang melalap rumah Hasmi bersama 7 rumah lainnya di Jl Badak, Kecamatan Mamajang, Makassar, Minggu, 18 April 2021, sekira pukul 14:57 Wita sore, menjadi hari yang begitu memilukan baginya. Tak disangka, rumahnya rata dengan tanah hanya dalam beberapa menit saja setelah terjadi  kebakaran.

Saat api mulai menyambar rumahnya, barang-barang berharga tak lagi ia pikirkan. Hasmi hanya memikirkan anaknya bungsunya yang sedang berada di dalam rumah. Syukur, masih sempat diselamatkan.

“Anakku ji yang saya khawatirkan di rumah. Saat itu saya belum mengetahui jika rumah saya dan tetangga lain terbakar. Pas saya lihat api langsung ka masuk pergi cari dia,” ungkap Hasmi, sambil menatap rumah yang terbakar.

Pada saat kejadian, Hasmi  sedang keluar untuk mencari menu berbuka puasa. “Saat itu saya keluar pergi cari pa’buka nantinya. Tidak lama setelah itu, banyak warga berkerumun dan saya lihat api yang langsung besar sampai di rumahku,” tuturnya.

Ibu yang tinggal di rumah tersebut bersama lima orang anggota keluarganya, hanya pertama kali menghawatirkan anak bungsunya itu, ia tak lagi peduli jika rumahnya hangus terbakar. “Tidak ada yang bisa diselamatkan di rumah saya, barang-barang dan dokumen habis terbakar. Yang penting, anakku ji saya yang kufikir, karena ini biasa sering tidur di jam seperti ini,” terang Hasmi sembari mengelus kepala anaknya.

Perempuan itu terpaksa hanya menyaksikan api membakar rumahnya sedikit demi sedikit. Hingga api berhasil dikuasai sekira pukul 16.40 Wita. 

“Saya pasrah saja. Mau kita apa juga sudah telanjur terbakar semua. Yang penting anak selamat ji kodong. Ya nantipi sedeng kita fikir di mana mau tidur ini malam,” tambah Hasmi.

Kebakaran ini mengerahkan setidaknya 21 unit mobil pemadam kebakaran. Beruntung dapat dipadamkan sebelum melalap puluhan rumah lain yang saling berdampingan di lokasi kejadian dan juga berdekatan dengan wisma Yuan.

News Feed