by

PEREMPUAN adalah PERADABAN

Perempuan Indonesia banyak yang berhasil mengejar mimpi-mimpinya dan mewujudkan cita-cita tertinggi. Tak heran banyak perempuan Indonesia yang berpendidikan tinggi, menuntut ilmu diberbagai belahan dunia, berkedudukan tinggi di pemerintahan, mengambil peran di bidang politik, di bidang pertahanan dan keamanan dan jadi pimpinan Perusahaan yang berhasil.

Tidak sedikit pula perempuan sebagai ibu rumah tangga yang berhasil menggali talenta dengan mengasah keterampilan dan keahlian dalam mengembangkan bisnis rumahan sambil mengasuh anak, dan telah berhasil menjadi ibu memajukan anak-anaknya. Hal ini sangat sejalan dengan slogan bahwa ibu/perempuan adalah tiang negara, karena perempuan/ibu membantu negara dan bangsa dalam mempersiapkan generasi terutama perempuan-perempun berkualitas dari hasil didikan keluarga yang baik untuk memajukan negara dan mendukung kemajuan peradaban di Indonesia.

PEREMPUAN adalah PERADABAN

Tak dapat disangkal bahwa Peradaban (civilization) di dunia maupun di Indonesia banyak diwarnai oleh peran perempuan. Peradaban merupakan kumpulan dari semua hasil budi daya manusia, termasuk semua aspek kehidupan manusia itu sendiri, baik fisik maupun non fisik. Peradaban adalah sebuah kebudayaan yang telah mencapat taraf yang tinggi.

Sebuah peradaban akan dianggap tinggi jika telah mencapai puncaknya dengan terwujudnya unsur-unsur budaya yang halus, indah, tinggi, luhur, sopan, dan sebagainya.

Di Indonesia, peran perempuan dalam peradaban fisik dan non fisik telah mengalami perkembangan yang demikin pesatnya. Sejak era Kartini, pikiran perempuan Indonesia telah mulai terbuka luas dan lebar. Banyak perempuan yang telah mampu menggali potensi diri, dan membiarkan dirinya menggapai berbagai kesempatan yang sebanyak-banyaknya.

Selain itu, faktor terpenting adalah keberpihakan pemerintah yang telah menciptakan atmosfir positif  dengan memberikan  kesempatan kepada perempuan di berbagai sektor. Hal ini didukung pula oleh perubahan paradigma keluarga Indonesia terhadap kedudukan perempuan dalam rumah tangga sebagai dimana laki-laki dan perempuan dalam keluarga memiliki kesempatan yang sama dalam pendidikan dan bidang pekerjaan, sehingga semakin memperkokoh emansipasi dan partisipasi perempuan Indonesia dalam pembangunan.

Untuk kemajuan peradaban disektor fisik, beberapa perempuan Indonesia yang telah berhasil menjadi role model dibidang teknologi dan perekayasaan (engineering), seperti teknologi jalan, jembatan, gedung, dan menjadi engineer hebat dibidang mesin-mesin otomotif yang canggih. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuan perempuan dibidang STEM (Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika) yang mengalami kemajuan yang pesat, dibanding beberapa dekade lalu.

News Feed