by

PEREMPUAN adalah PERADABAN

Kondisi ini sangat mendongkrak kemampuan spasial perempuan dalam bidang perekayasaan. Sekolah-sekolah teknik dan sains telah diserbu oleh peminat perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan memiliki tingkat ketelitian dan ketekunan yang lebih tinggi dibanding anak laki-laki, sehingga peluang perempuan dalam menggeluti ilmu pengetahun yang membutuhkan ketelitian dan detail yang tinggi akan terbuka seluas-luasnya.

Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara umum, perempuan lebih tertarik pada Orang, dan laki-laki yang lebih tertarik pada Benda. Sepanjang pekerjaan teknologi lebih berkenaan dengan benda ketimbang orang, maka laki-laki rata-rata akan lebih tertarik pada pekerjaan itu. sementara perempuan menempatkan prioritas lebih tinggi untuk bekerja dengan dan membantu orang lain.

Meskipun perkembangan kemampuan STEM perempuan sepertinya tidak mendukung bidang sosial tersebut, namun kemampuan perempuan dalam memilih teknologi spesialisasi yang dapat memadukan kempuan teknologi dan tujuan sosial seperti merancang sistem kota (sarana dan prasarana kota yg humanis) dengan bangunan yang humanis, telah membawa perempuan selangkah lebih maju dalam memadukan benda dan manusia/orang dengan baik dan harmonis.

Selain itu, kemampuan perempuan dibidang STEM, telah dibuktikan di  sektor otomotif, dimana seorang perempuan Indonesia yang sedang viral, telah menempati posisi sebagai Autopilot software Engineer pada Industri teknologi dan mobil listrik terkemuka, Tesla, di San Francisco-California-AS.

Kesempatan tinggi dan langka ini diperoleh karena kemapuan Marissa dalam STEM yang cukup menonjol. Adapula sosok Silvia Halim, lulusan Teknik Sipil Nanyang, adalah Direktur Konstruksi pembangunan MRT Jakarta. Sebuah pencapaian kompetensi yang maksimal oleh seorang perempuan di bidang konstruksi jalan dalam memimpin para teknisi dan pekerja laki-laki. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan telah berani mengambil peran dan tanggung jawab besar dalam memajukan peradaban ibu kota, baik di negara lain maupun di Indonesia.

Banyaknya perempuan yang menduduki posisi penting terkait dalam  pembangunan di Indonesia baik di pusat dan di daerah, seperti menteri, gubernur, walikota bupati, rektor, pimpinan DPR/DPRD, dengan hasil kerja dan kekuatan mengambil keputusan yang tidak kalah denganlaki-laki, menunjukkan bahwa sekarang ini peran perempuan dalam pembangunan peradaban telah dapat diperhitungkan dimana saja dan diberbagai bidang.

News Feed