by

Unhas Gelar GUMSB Virtual Bahas Keajaiban Puasa terhadap Kesehatan

FAJARKORAN.ID, MAKASSAR  — Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menyelenggarakan Gerakan Mengaji dan Sholat Berjamaah (GUMSB). Untuk kali ini, Fakultas Kedokteran bertindak sebagai tuan rumah. Agenda rutin Unhas setiap pekan ini berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (20/4/2021).

Mengawali kegiatan, Dekan Fakultas Kedokteran Unhas Prof. dr. Budu, Ph.D., Sp.M(K), M.Med.Ed.,menyampaikan rasa syukur atas kepercayaan kepada FK Unhas sebagai tuan rumah. Menurutnya, gerakan ini merupakan salah satu karunia karena bertepatan pada bulan suci Ramadhan. Hadirnya GUMSB akan lebih memperkuat iman dan meningkatkan amalan dan sejenak menyingkirkan kegiatan duniawi.

Prof Budu juga menambahkan selain GUMSB, Unhas secara aktif menghadirkan berbagai kegiatan positif selama bulan suci ramadhan seperti menyediakan sajian buka puasa dan beberapa kegiatan keagamaan lainnya.

Kegiatan resmi dibuka oleh Ketua Senat Akademik Unhas, Prof. Dr. Dadang Achmad Suriamihardja. Dalam sambutannya, beliau menuturkan pimpinan Unhas sangat mendukung dan memberikan perhatian lebih terhadap kegiatan ini. GUMSB merupakan satu majelis ilmu mulia yang diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

Hadir sebagai narasumber untuk mengisi sesi ceramah Islamiah yakni Ust. Prof. dr. H. Veny Hadju, M.Sc., Ph.D., yang menyampaikan terkait “Keajaiban Puasa Terhadap Kesehatan”.

Prof Veny menjelaskan bahwa Allah Swt pada hakikatnya menciptakan manusia yang memiliki proteksi tubuh dari berbagai penyakit.  Hal ini juga tentunya didukung dengan makanan yang halal dan baik serta tidak berlebihan.

Banyak penelitian menunjukkan pengaruh puasa bagi kesehatan tubuh. Seorang ahli bedah saluran cerna dan memeriksa usus melalui endoskopi pada ratusan ribu pasien di Jepang dan USA mengatakan sering berpuasa akan memberikan usus yang terbaik. Penelitian lain juga disampaikan oleh Andrea Wider Ilmuwan Amerika, Ahli Gizi yang masuk Islam setelah meneliti manfaat puasa sebulan Ramadhan, dimana terjadi perbaikan sel dan kekebalan tubuh meningkat 10 kali lipat.

Kegiatan yang dipandu oleh Drs. Sulaiman Gosalam, M.Si., (Ketua GUMSB) selaku moderator diikuti lebih kurang 300 peserta berlangsung lancar hingga menjelang shalat Maghrib. (rls/mukhlis/fajar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed