by

Diza Optimis Pentathlon Ukir Prestasi

-Headline-272 views

FAJARKORAN.ID, MAKASSAR –- Pembinaan atlet pentathlon terus digenjot di Sulsel. Targetnya, mengirim atlet ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Modern Pentathlon Indonesia (MPI) Sulsel, Diza Rasyid Ali, ingin mempopulerkan pentathlon di Sulsel.

Meski baru, dia optimis melahirkan atlet berkualitas pada pentas olahraga nasional. “Kami diperkuat mantan altet berprestasi nasional dari lima cabang olahraga di pentathlon,” ujar Diza, di Redaksi FAJAR, Jumat, 23 April.

Bagi Diza, menangani olahraga bukan dunia baru baginya. Dia pernah menjadi manajer PSM Makassar pada musim kompetisi 2018. Juga pendiri Makassar Football Scholl (MFS) 2000. Diza ingin, pentathlon juga populer seperti sepak bola di Makassar.

Sebagai tokoh perempuan, mantan Manajer Persija Jakarta itu ingin ikut berperan membangun dan memajukan olahraga di negeri ini. “Saya ingin pemuda Makassar mendunia lewat olahraga,” tambah kakak kandung Adi Rasyid Ali, Wakil Ketua DPRD Makassar.

Agar menghasilkan atlet berkualitas, Diza ingin menggelar pelatihan wasit dan pelatih. Menurutnya, percuma saja ada atlet profesional jika SDM wasit dan pelatihnya masih kurang. “Meski baru memulai, kami target kirim dua atlet ke PON Papua nanti,” sebut Diza.

Diza juga berpikir untuk pembinaan jangka panjang. Dia ingin membina atlet dari usia delapan tahun. Makanya, akan terus menjaring pemuda bertalenta masuk dalam pembinaan Modern Pentathlon Indonesia (MPI) Sulsel.

Kendalanya saat ini, tambah Diza, peralatannya membutuhkan biaya mahal. Dari lima disiplin olahraga ini, semuanya harus memiliki peralatan yang berstandar internasional. Namun untuk tempat latihan sudah ada. “Kita memanfaatkan fasilitas olahraga di Makassar. Kolam renang, bisa juga di laut,” tambahnya.

Sekertaris MPI Sulsel, Andi Ifal Anwar, menambahkan, pihaknya optimis atlet yang dikirim ke PON Papua nanti dapat menorehkan prestasi. “Olahraga ini baru di Sulsel, tetapi semangatnya sangat luar biasa,” kuncinya.

Pentathlon merupakan penggabungan lima cabang olahraga, yaitu renang, lari, anggar, berkuda, dan menembak. (dir/mukhlis/fajar)

News Feed