by

Vaksinasi Sasar Lansia Usai Lebaran

FAJARKORAN.CO.ID, MAKASSAR — Proses vaksinasi Makassar fokus pada pemberian tahap kedua. Stok yang mulai terbatas menjadi pertimbangan. Pemkot Makassar juga akan menyasar kaum lanjut usia (lansia).

Kepala Bidang Layanan Dinas Kesehatan (Diskes) Makassar Nursaidah Sirajuddin mengatakan ketersediaan vaksin difokuskan untuk vaksinasi tahap kedua.

“Jumlah yang ada saat ini kita utamakan kepada mereka yang telah divaksin sebelumnya. Kenapa? Karena stok yang ada saat ini sudah tak bisa meng-cover semuanya. Jadi fokus kita pada pemberian dosis kedua,” ujarnya, Minggu, 25 April.

Ida menjelaskan, stok untuk pemberian dosis kedua dinilai cukup. Sejauh ini tak ada keluhan warga yang tak ter-cover untuk vaksin kedua.

Prioritas pemberian dosis kedua lantaran rentang waktu pemberian vaksin tak boleh terlambat. “Kalau sudah vaksin pertama, data penerima akan menerima pesan SMS atau notifikasi untuk dosis kedua. Di situ dijelaskan di mana tempat atau puskesmas yang jadi lokasi untuk menerima vaksin kedua,” terang dia.

Pasien bisa mengajukan untuk mengubah lokasi penerimaan dosis kedua. Itu jika puskesmas yang disarankan oleh sistem setelah diinput berada jauh dari kediaman pasien.

“Kalau ada puskesmas yang paling dekat, penerima dosis kedua bisa melapor jika lokasinya cukup jauh,” katanya.

Sejauh ini vaksinasi untuk tenaga kesehatan juga melampaui target, yakni 115 persen. Untuk pelayanan umum termasuk guru sudah mencapai angka 83 persen.

Tingkat partisipasi terendah saat ini untuk kategori lanjut usia (lansia), sekitar 15 persen. Kata Ida, pemberian vaksin untuk lansia butuh pendekatan berbeda.

Diskes Makassar akan turun langsung untuk mendata dan melakukan pemberian vaksin. “Nanti setelah Idulfitri kita bikin program Gerakan Massal Lansia. Kita akan jemput bola dan bikin program khusus vaksin bagi lansia,” terang Ida. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan proses vaksinasi saat ini berjalan baik. Berkurang atau habisnya stok, menjadi bukti efektivitas vaksinasi berjalan baik.

“Kalau stok berkurang artinya proses vaksin kita berjalan dengan baik. Sisa kita perkuat pengawasan dan memastikan pelayanan berjalan dengan baik,” ucapnya.

News Feed