by

Tata Cara Berpuasa pada Anak? Apa yang Harus Dilakukan dan Dihindari

FAJARKORAN.ID, JAKARTA –- Saat ini, bulan Ramadan telah kita lalui selama hampir setengah bulan. Namun, apakah anak Anda telah mulai belajar berpuasa selama ini? Jika Anda masih bingung kapan waktu dan usia anak untuk berpuasa, simak penjelasan ahli sebagai berikut terkait puasa pada anak.

“Anak-anak yang belum balig atau mencapai masa pubertas belum diwajibkan berpuasa Ramadan. Namun, anak-anak juga perlu diperkenalkan dengan ibadah ini. Idealnya, para orang tua dapat mulai mengajak anak belajar berpuasa saat mereka sudah berusia 7 tahun,” jelas dr. Desy DewiSaraswati, Sp.A, Dokter Spesialis Anak Primaya Evasari Hospital, Selasa (27/4/2021).

Kemudian, apa manfaat berpuasa bagi seorang anak? dr. Desy DewiSaraswati, mengatakan, manfaat berpuasa bagi anak sangat beragam.  Di antaranya tubuh anak menjadi lebih sehat, jadwal makan terjadwal, racun di dalam tubuh terbuang, anak lebih disiplin (makan dan minum selama Bulan Ramadan sudah terjadwal), anak menjadi belajar bersabar mengendalikan diri, melembutkan hati sang anak untuk membantu sesama, memupuk jiwa sosial tinggi pada anak, dan yang pasti dapat meningkatkan keimanan kepada Allah Swt.

Dijelaskan dr. Desy, jadwal tidur anak harus disesuaikan ketika menjalankan ibadah puasa. Jika biasanya anak tidur pukul 21:00, coba ajak mereka tidur lebih awal seperti jam 20:00 atau 20:30 selama bulan puasa. Waktu tidur yang lebih awal membuat anak akan lebih mudah untuk dibangunkan saat sahur nanti.

Saat berbuka puasa, dr. Desy DewiSaraswati, menganjurkan agar sang anak hendaknya menyiapkan menu berbuka dengan indeks glikemik tinggi guna menaikkan gula darah. Ketika berbuka puasa tubuh memerlukan kadar gula dengan segera. Maka dari itu, kita bisa memberi si kecil buah segar, manisan buah, donat, kentang, atau roti. Kurma bisa menjadi pilihan yang baik bagi sang anak.

Hal yang sama diakui dr. Ayi Dilla Septarini, Sp.A, Dokter Spesialis Anak Primaya Hospital Bekasi Barat. “Sebenarnya tidak ada patokan baku kapan waktu yang tepat bagi anak untuk berpuasa. Anak balita pun boleh berpuasa. Hanya saja, sebaiknya seorang anak dapat berpuasa secara bertahap, tidak langsung puasa sampai Maghrib,” ujarnya.

News Feed