by

GUMSB Bahas Anak sebagai Syafaat Orangtua di Akhirat

FAJARKORAN.ID, MAKASSAR  — Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menyelenggarakan Gerakan Mengaji dan Salat Berjemaah (GUMSB). Untuk kali ini, Fakultas Hukum bertindak sebagai tuan rumah. Kegiatan yang menjadi agenda rutin Unhas setiap pekan ini berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (27/4/2021).

Mengawali kegiatan, Dekan Fakultas Hukum Unhas Prof. Dr. Farida Patittingi, SH, M.Hum, menyampaikan, GUMSB Unhas merupakan kegiatan yang bermakna, sehingga merupakan kebanggaan tersendiri bagi FH sebagai tuan rumah.

Prof Farida menambahkan sivitas akademika FH Unhas mendukung dan mengapresiasi gerakan ini. “Gerakan ini memiliki tujuan mulia. Bukan hanya meningkatkan pengetahuan, juga terkandung makna bagaimana kita memahami dan mengamalkan Al-Qur’an. Unhas memiliki tanggungjawab dan peran strategis guna melahirkan cendekiawan yang cerdas intelektual, dan berkarakter mulia sesuai visi Unhas,” ungkapnya.

Kegiatan resmi dibuka Sekretaris Senat Unhas, Prof. Dr. Ir. Abd. Latief Toleng, M.Sc. Dalam sambutannya menjelaskan, setidaknya ada beberapa hal positif yang diperoleh dari gerakan ini. Sebagai individu, dengan membaca ayat Al-Qur’an, terutama pada bulan suci Ramadhan maka pahala yang didapatkan jauh lebih besar. Selain itu, hidayah akan selalu diturunkan kepada sivitas akademika.

Hadir sebagai narasumber untuk mengisi sesi ceramah Islamiah yakni Ust. Dr. H., Abbas Baco Miro, Lc., MA., (Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid PWM Sulsel) yang menyampaikan materi terkait: “Saat Anak Menarik Orang Tuanya ke Surga”.

Ust. Abbas menjelaskan, anak merupakan karunia terbesar yang bisa menjadi pendorong masuk surga maupun penghalang. Karunia ini tentunya harus dijaga dan dibimbing sesuai ajaran Al-Qur’an dan Sunnah dengan baik agar menjadi safaat bagi orangtua di akhirat kelak.

“Cara terbaik mendidik anak adalah sesuai Al-Qur’an, karena ini adalah ajaran terbaik. Sebagai anugerah dari Allah, anak perlu dibimbing dan diarahkan kepada jalan yang diridhoi oleh Allah Swt,” jelas Ust. Abbas.

Kegiatan yang dipandu Drs. Sulaiman Gosalam, M.Si., (Ketua GUMSB) selaku moderator diikuti lebih kurang 400 peserta berlangsung lancar hingga menjelang shalat Maghrib. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed