by

PSMTI Himpun 35 Ormas untuk Donor Darah

Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan ikut menyaksikan kegiatan donor darah yang digagas oleh Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sulsel, di di Phinisi Point (PIPO), Minggu (2/5/2021).

KORAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kelangkaan stok darah membuat Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sulsel prihatin. Mereka menggelar donor darah, di Phinisi Point (PIPO) dan Makassar Trade Center (MTC) Karebosi, Minggu (2/5/2021). Selanjutnya, pada 9 Mei juga menggelar kegiatan serupa di beberapa gereja di Makassar dan rumah duka Budi Luhur.

Ketua PSMTI Sulsel, Emmy Jita mengatakan kegiatan rutin ini sengaja dilakukan pada bulan Ramadan karena pada saat inilah stok darah sangat menurun. Kegiatan donor darah dihadiri Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan, TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail dan pengurus PSMTI Sulsel beserta Persatuan Wanita Tionghoa (Perwanti) Sulsel.

“Kami membantu mengumpulkan semua masyarakat yang nonmuslim untuk bisa membantumemenuhi ketersediaan (darah) PMI,” katanya.

PSMTI Sulsel bekerjasama dengan PMI Sulsel, Yayasan Sosial Budi Luhur, INTI Sul Sel, TNI, Polda Sulsel, organisasi-organisasi Tionghoa, Lions Club Makassar, organisasi kemasyarakatan, komunitas-komunitas, perusahaan dan gereja-gereja di Makassar untuk mengadakan aksi sosial donor darah untuk mengumpulkan kantong darah sebanyak mungkin agar dapat membantu menambah stok darah di PMI.

“Bersyukur begitu antusiasnya semua organisasi untuk bersatu dimana total terdapat 35 organisasi di Sulawesi Selatan yang bekerjasama untuk dapat melakukan tugas mulia ini,” lanjut Emmy.

Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail mengapresiasi kegiatan donor darah yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia ini. “Syukur Alhamdulillah kegiatan luar biasa ini terlaksana, hal ini menunjukkan tanggapnya berbagai organisasi akan situasi saat ini. Dimasa pandemi, tetap ada untuk saling membantu,” ujarnya.

Kegiatan ini tentu sangat membantu pemerintah, apalagi belum diketahui kapan Pandemi Covid-19 akan berakhir.

Ketua Kordinator Wilayah PSMTI Sulsel, Wilianto Tanta mengatakan sebagai bentuk apresiasi, PSMTI Sulsel juga menyiapkan beras 5 kilogram kepada para pendonor di acara bakti sosial tersebut.

News Feed