by

Poltekpar Makassar Jalin Kerja Sama Pemkab Maros

FAJARKORAN.ID, MAKASSAR  — Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros, untuk peningkatan kualitas pariwisata di Kabupaten Maros.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan Direktur Poltekpar Makassar Drs. Muhammad Arifin M.Pd. dengan Bupati Maros, H. Andi Syafril Chaidir Syam, S.IP, MH, di Hotel Teraskita Makassar, Jumat (21/5/2021).

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut disaksikan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Maros, M. Ferdiansyah, S.IP. dengan sejumlah pejabat di lingkungan Poltekpar Makassar, di antaranya Wakil Direktur, Ketua Jurusan, dan Ketua Pogram Studi.

Perjanjian kerja sama ini merupakan implementasi dari tridharma perguruan tinggi Poltekpar Makassar, khususnya terkait penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Adapun pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pariwisata dan kepariwisataan Kabupaten Maros sebagai destinasi unggulan melalui pengembangan Sumberdaya manusia (SDM) terdidik dan terlatih dalam bidang pariwisata dan kepariwisataan khususnya pada lingkup SDM aparatur, tenaga kerja industri pariwisata, kelompok sadar wisata, serta masyarakat di sekitar destinasi wisata.

Kesempatan ini, Bupati Maros, H. Andi Syafril Chaidir Syam, S.IP, MH, menyatakan, dirinya sangat mengapresiasi kerja sama yang dilakukan tersebut. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintahannya yang menjadikan  pariwisata sebagai sektor unggulan.

“Salah satu fokus pada pemerintahan kami adalah pengembangan pariwisata, pada program 100 hari kami misalnya, kami akan melaunching lima objek wisata proritas yang mana ini semua diluar dari objek wisata yang telah populer sebelumnya,” ungkap Bupati Maros, AS Chaidir Syam.

Menurutnya, dua di antaranya merupakan desa wisata yang akan menjadi binaan dari Poltekpar Makassar. “Semoga kerja sama ini juga menjadi langkah awal dari kebangkitan pariwisata di Sulsel khusunya Kabupaten Maros pascapandemi Covid-19,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Poltekpar Makassar, Muhammad Arifin mengatakan, Manajemen Poltekpar Makassar sangat berterima kasih atas kesediaan Bupati Maros yang menyempatkan diri hadir secara langsung untuk melakukan penandatangan nota kesepahaman tersebut.

Dia berharap dengan adanya kerja sama tersebut Poltekpar Makassar dapat turut memajukan pengembangan pariwisata yang ada di kabupaten Maros. “Setelah penandatangan ini, kami akan segera melakukan berbagai langkah-langkah untuk menindaklanjuti apa yang kita telah sepakati, salah satunya adalah dengan melaksanakan FGD di desa wisata sehingga kami dapat memperoleh masukan-masukan dari masyarakat setempat,” paparnya.

News Feed