oleh

Maiwa Breeding Center Unhas Presentasi Kegiatan di KSS Bioteknologi LIPI

FAJARKORAN.ID, MAKASSAR  — Maiwa Breeding Center (MBC) Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin sebagai salah satu unit bisnis memperoleh kesempatan presentasi kegiatan dan programnya pada kegiatan Knowledge Sharing Seminar (KSS) yang diselenggarakan oleh Research Center for Biotechnology Indonesian Institute of Sciences (LIPI). Kegiatan tersebut berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom pada Selasa (25/5).

Dr. Syahdar Baba, S.Pt., M.Si sebagai pengelola MBC Unhas menyampaikan bahwa kegiatan ini telah diinisiasi dalam kurun waktu yang panjang.  Berbagai kegiatan yang mendahuluinya seperti IPTEKDA LIPI, riset yang memperoleh pembiayaan dari LPDP Kemenkeu, Meat and Milk Pro dalam menyediakan peralatan untuk riset dasar dan riset pengembangan di bidang peternakan. 

“Pengalaman membawa pada pemahaman bahwa riset dan pengabdian masyarakat hanya dapat berkelanjutan ketika proyek yang sifatnya cost center beralih menjadi profit center. Dengan demikian, perlu ada transformasi dari proyek yang didanai menjadi proyek yang didukung sepenuhnya oleh unit bisnis atau profit center,” kata Syahdar.

Saat ini, MBC tengah berada di masa transisi, dimana sedang ada peralihan manajemen yang dikelola oleh dosen menjadi kegiatan bisnis yang dikelola oleh lembaga professional yaitu PT Hasanuddin Agrivisi Internusa.  Keberhasilan proses transformasi, menentukan keberhasilan kegiatan pembibitan sapi di MBC Unhas.

Peran Ristek/BRIN dalam memfasilitasi dan menjadikan MBC Unhas sebagai salah satu kegiatan Inovasi Perguruan Tinggi merupakan terobosan yang pada akhirnya bisa menjadikan MBC Unhas sebagai pusat kolaborasi nasional untuk pembibitan sapi yang teintegrasi dari hulu ke hilir dengan melibatkan sebanyak 179 orang di tiga kabupaten yaitu Barru, Soppeng dan Enrekang. (mukhlis/fajar)

Komentar

News Feed