by

Mentan dan Imam Besar Masjid Istiqlal Hadiri Halalbihala FH-Unhas

FAJARKORAN.ID, MAKASSAR  — Dalam rangkaian Hari Raya Idulfitri 1442 H dan mempererat tali silaturahmi, sivitas akademika Fakultas Hukum (FH) Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelengarakan Halalbihalal. Kegiatan berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (25/5/2021).

Mengawali kegiatan, Dekan FH Unhas Prof. Dr. Farida Patittingi, SH, M.Hum, menyampaikan kegiatan ini bermanfaat untuk menyambung dan memperkuat hubungan persaudaraan antarsesama, terutama dalam lingkup FH Unhas.

Halalbihalal diharapkan dapat memberi energi positif untuk melaksanakan tugas dengan konsep kebersamaan dan solidaritas untuk menghasilkan capaian sebagai bentuk kontribusi kepada universitas.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., yang juga memberikan sambutannya menyebutkan kegiatan silaturahmi yang terwadahi melalui Halal bi Halal sangat penting untuk meningkatkan rasa persaudaraan. Apalagi, FH Unhas sebagai satu entitas dengan jumlah mahasiswa maupun alumni yang besar dengan peran strategis masing-masing.

“Tradisi Halal bi Halal juga syarat akan muatan akademik, karena jika semua elemen di Unhas bersatu, tidak ada jarak maka seluruh peran dan tanggung jawab kelembagaan dapat terlaksana secara optimal,” jelas Prof. Dwia.

Halalbihalal ini turut dihadiri Menteri Pertanian RI Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H. Dalam sambutan singkatnya, beliau mengatakan kegiatan ini memiliki makna besar, tidak hanya sebagai media mengokohkan hubungan antar sesama manusia, namun juga berdampak pada pentingnya konsolidasi emosional, rasa empati, saling bantu dan mengajak pada kebaikan.

Beberapa hal tersebut seyogyanya dapat dimiliki, apalagi setelah sebulan penuh melakukan berbagai aktivitas ibadah di bulan suci ramadhan.

Kegiatan halalbihalal FH Unhas menghadirkan Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA, yang merupakan Imam Besar Masjid Istiqlal sekaligus guru besar UIN Syarif Hidayatullah sebagai penceramah. Beliau menggambarkan bagaimana ciri manusia yang fasik dan awwam hingga masyarakat muslim ahlul ‘ibadah maupun ahlullah. (mukhlis/fajar)

News Feed