by

FIKP Unhas Tuan Rumah Workshop Haluan Maritim Nasional

“Ini pertama kali tim perumusan haluan maritim keluar kandang dan memberikan kepercayaan kepada Unhas untuk terlibat. Workshop ini hadir untuk bersama-sama kita melihat program kemaritiman Indonesia tahun 2045. Unhas sebagai salah satu motor penggerak di Indonesia Timur diharapkan dapat terlibat langsung dalam haluan maritim karena ini merupakan bagian dari sejarah,” ungkap Dedi.

Setelah pembukaan secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi. Dr. Tukul Rameyo Adi, M.Sc., selaku Staf Ahli Menteri Bidang Kebijakan Maritim sebagai salah satu narasumber menyampaikan materinya mengenai “Haluan Maritim Nasional 2025-2045 Petajalan KKI Mewujudkan PMD 2045”.

Dr. Rameyo menjelaskan, Kebijakan Kelautan Indonesia (KKI) memuat visi kelautan yang dijabarkan dalam 7 pilar dan 76 program strategis pembangunan, didalamnya memuat rencana aksi yang disusun berdasarkan program RKP. Namun demikian, KKI perlu dilengkapi peta jalan kebijakan pembangunan kelautan terpadu jangkap panjang dan menengah sebagai acuan menyusun program rencana pembangunan dan pengelolaan sumber daya kelautan.

Setelah seluruh narasumber menyampaikan materinya, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Kegiatan yang dipandu oleh Dr. Andreas D. Patria, S.Pi., M.Si,. (Kepala Biro Komunikasi, Sekretariat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman) berlangsung lancar diikuti sekira 100 peserta. (rls/mukhlis/fajar)

News Feed